Viar Bikin Sepeda Listrik Lagi, Pakai Baterai Graphene

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 12:16 WIB
Viar Caraka
Viar Caraka. Foto: Viar
Jakarta -

PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia) kembali meluncurkan sepeda listrik terbarunya, Viar Caraka. Model ini hadir untuk melengkapi varian sepeda listrik yang telah lebih dahulu diluncurkan. Viar Caraka bisa menempuh jarak 55 km dan top speed hingga 30 kilometer per jam (kpj). Menariknya, sepeda listrik buatan lokal ini sudah menggunakan baterai tipe Graphene.

"Kami persembahkan Viar Caraka bagi kawula muda untuk menemani beraktivitas. Desainnya modern, stylish, dan trendy, serta dilengkapi beragam fitur modern dan multifungsi," ungkap Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia.

Viar Caraka diklaim memiliki desain sadel lebih lebar dan tebal, sehingga nyaman digunakan. "Posisi ergonomis yang baik dapat menghindari terjadinya cedera, berkendara menjadi lebih aman, nyaman, hemat energi, dan tentunya bisa mengurangi lelah," kata Frengky.

Viar CarakaViar Caraka Foto: Viar

Panel indikator sudah menggunakan instrument model digital dengan tampilan layar negatif berukuran besar sehingga visualisasinya mudah terbaca oleh pengendara. Panel ini punya beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti kecepatan, daya battery, dan jarak tempuh.

Dalam kondisi battery terisi penuh, sepeda listrik Viar terbaru ini sanggup menempuh jarak sejauh 55km dengan kecepatan maksimum hingga 30km/jam. Daya penggerak menggunakan motor listrik tipe BLDC berdaya 400 watt, dengan sumber daya listrik DC dari battery tipe Graphene kapasitas 48V 12Ah.

Baterai tipe Graphene saat ini memiliki durabilitas paling baik, termasuk life time cycle lebih panjang, lebih tahan panas, serta proses pengisian yang lebih singkat. Untuk mengisi ulang daya listrik battery Viar Caraka membutuhkan waktu 4 jam. Bentuknya yang kompak memungkinkan pengguna bisa memilih pengisian daya secara portable atau langsung pada kendaraan.

Secara dimensi, sepeda listrik ini punya panjang 1.560 mm, lebar 650 mm dan tinggi 1.000 mm, rangkanya diklaim diproduksi menggunakan teknologi modern sehingga lebih ringan dan lebih kuat serta lebih tahan terhadap serangan korosi. Garansi frame ini dijamin selama 5 tahun.

Viar CarakaViar Caraka Foto: Viar

Fitur front bucket baggage bisa memuat banyak barang bawaan, deck floor lapang, serta fitur sandaran membuat pembonceng jadi lebih aman. Selain itu, terdapat juga USB Charging Port untuk mengisi ulang baterai gawai.

Viar Caraka juga dilengkapi alarm dengan beragam fungsi. Mulai dari answer back system hingga penguncian roda belakang secara otomatis. Pada sistem kelistrikan sudah menerapkan teknologi waterproof cable socket untuk memastikan seluruh socket aman dari kebocoran arus listrik apabila terkena percikan air. Seluruh sistem kelistrikan sudah dilengkapi garansi selama 1 tahun.

Viar Caraka dipasarkan dengan harga Rp 7.9 juta untuk wilayah Jabodetabek dan sudah mulai di distribusikan ke seluruh jaringan penjualan Viar Motor di berbagai kota di Indonesia. "Saat ini distribusi unit sebagian besar telah merata di jaringan Viar Motor yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, selain itu Caraka juga sudah bisa dipesan secara online di berbagai marketplace," tutur Frengky.

Viar CarakaViar Caraka Foto: Viar


Simak Video "Unik! Sepeda Listrik Berkonsep Vintage asal Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)