Mau Isi Bensin, Pria Ini Bingung Cari Lubang Kunci Jok Scoopy

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 28 Jan 2021 14:44 WIB
Pria Ini Bingung Cari Lubang Kunci Jok Scoopy
Pengendara Scoopy bingung cara buka jok. Foto: Instagram @agoez_bandz4
Jakarta -

Motor yang dijual saat ini dilengkapi dengan fitur-fitur terkini. Salah satunya adalah fitur kunci yang bisa dibilang lebih canggih daripada motor-motor dulu.

Misalnya, motor terkini sudah ada fitur keyless di mana kunci motor lebih aman tanpa memerlukan anak kunci mekanis, cukup dengan remote saja. Sebelumnya juga sudah ada fitur kunci yang terintegerasi, tanpa perlu mencabut anak kunci, pengendara bisa mengunci setang, menyalakan/mematikan mesin motor, hingga membuka jok.

Nah, pria ini tampaknya belum tahu teknologi itu. Dalam sebuah video viral yang diunggah akun instagram @agoez_bandz4, seorang pria tampak kebingungan mencari lubang kunci jok motor Honda Scoopy.

Pria tersebut sepertinya ingin mengisi bahan bakar minyak (BBM) di sebuah SPBU Pertamina. Dalam video yang ditonton lebih dari 42 ribu kali itu, pengendara Honda Scoopy ini ingin membuka jok motornya untuk mengisi BBM. Sambil menunduk, dia mencari di mana lubang kunci untuk membuka jok.

Pria tersebut mencari lubang kunci jok di bagian bodi motor sebelah kiri dan kanan. Namun, Honda Scoopy ini memang tidak ada lubang kunci di area bodi atau di bawah jok.

Pengendara Honda Scoopy tersebut tampaknya tidak mengetahui bahwa membuka jok motor Scoopy tak perlu mencabut anak kunci. Seperti disebutkan di atas, untuk membuka jok motor ini sudah terintegerasi menjadi satu dengan kunci kontak dan kunci setang.

Melihat video pria itu kebingungan mencari lubang kunci Honda Scoopy, warganet pun berkomentar. Ada yang bilang pria ini belum tahu bagaimana membuka jok motor karena motornya dalam kondisi baru, ada pula yang menyebut pria itu tidak membaca buku manual.

"Tipe" Pengendara yg punya motor tapi gapernah liat buku panduan dari dealer😌," komentar akun @yohan.vern.

"Kan ada Tombol Seat di sebelah Kontak...," timpal akun @yoes_putra.

"platnya masih putih, blm tentu pinjeman sih, mungkin abis turun dr dealer langsung ke pom bensin. tanpa baca buku petunyuknya 😂," sebut @wowsukma.

[Gambas:Instagram]




Tipe kunci yang terintegerasi di kontak itu memang sudah jamak digunakan di beberapa sepeda motor keluaran terkini. Bahkan, Honda Scoopy terbaru yang meluncur pada November 2020 lalu sudah dibekali fitur Smart Key System, yaitu sistem kunci tanpa anak kunci. Smart Key lebih praktis dan mudah digunakan daripada kunci konvensional Tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang untuk menyalakan motor. Selama remote dan pengendara berdekatan, motor sudah dapat dinyalakan dengan memutar tuas yang ada di panel instrumen di bawah leher motor.



Simak Video "Usai Viral Gegara Bentak PKL, Camat di Parepare Dicopot!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)