Museum Top Mountain Terbakar, 230 Motor Klasik Ludes Dilalap Si Jago Merah

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 09:45 WIB
Museum sepeda motor Top Mountain Austria terbakar
Museum sepeda motor Top Mountain Austria terbakar. Foto: Autoevolution
Jakarta -

Museum sepeda motor Top Mountain Crosspoint, di Timmelsjoch Pass, Austria, terbakar hebat pada 18 Januari 2021 lalu. Lebih dari 230 koleksi motor klasik bersejarah ludes dilalap si jago merah.

Dikutip dari Autoevolution, kebakaran itu terjadi pada pagi hari sekitar pukul 04.30. Dua pekerja museum Top Mountain Crosspoint sempat berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api portabel, namun akhirnya ia mengungsi karena asap semakin tebal. Petugas pemadam kebakaran pun dipanggil.

Tapi nahas, setelah petugas pemadam kebakaran tiba di sana, kebakaran sudah terlanjur menjalar luas hingga ke bagian atap. Karena seluruh struktur terbuat dari kayu, api sangat mudah menyebar.

Dalam waktu kurang dari dua jam seluruh bangunan terbakar. Sekitar 60 petugas pemadam kebakaran dikerahkan dengan untuk memadamkan kobaran api. Namun hal itu tampak sia-sia. Diyakini bahwa tidak ada satu kendaraan pun yang berhasil diselamatkan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Hingga kini pihak berwenang masih mencari penyebab kebakaran tersebut. Diperkirakan ratusan barang koleksi museum musnah dilalap api, termasuk 230 sepeda motor bersejarah, replika, dan mobil antik yang langka.

Sebagai informasi, museum sepeda motor Top Mountain Crosspoint kali pertama di buka pada 2016 oleh dua bersaudara Alban dan Attila Scheiber. Museum ini dikatakan menjadi museum tertinggi dunia karena letaknya tepat di atas pegunungan bersalju.

Tak hanya lokasinya yang berada di lokasi tinggi, museum ini juga memiliki konstruksi bangunan yang menakjubkan dan indah, dan beberapa koleksi kendaraan yang langka, seperti sepeda motor balap Humber 1912.



Simak Video "Museum Sultra Dibobol Maling, Samurai Peninggalan Jepang-Keris Raib"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)