CBR150R Lawas Bisa Pasang Fitur Assist Slipper Clutch, tapi..

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 18:56 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis All New CBR150R, Selasa (12/1/2021). Motor ini punya fitur baru berupa assist slipper clutch dan penggunaan upside-down.
All New CBR150R sudah dilengkapi fitur assist slipper clutch, bisakah diterapkan pada model lawas. Foto: Astra Honda Motor
Jakarta -

All New Honda CBR150R kini dilengkapi dengan fitur assist slipper clutch. Tapi ternyata CBR generasi sebelumnya juga bisa dipasang fitur tersebut lho.

Jika ingin menyempurnakan motor lama, perangkat assist slipper clutch ini ternyata pemasangannya plug and play.

"Assist slipper clutch plug and play, bisa dipasang pada motor sebelumnya. Tapi dengan catatan satu set kopling," tutur Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (14/1/2021).

Teknologi assist & slipper clutch kini jamak ditemukan pada produk motor berkapasitas mesin 150 cc hingga 250 cc yang dipasarkan di Indonesia.

Memang apa fungsi utama dari teknologi assist & slipper clutch ini, sehingga banyak digunakan dan dijadikan jualan utama pada produk motor sport terkini?

Fitur assist berfungsi saat akselerasi, yakni untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga, dengan menghilangkan power loss pada kopling.

Sedangkan slipper clutch bekerja pada saat deselerasi, fungsinya untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika menurunkan gigi secara ekstrem akibat engine brake.

Lalu fitur assist tidak hanya membantu menghilangkan power loss pada kopling, tapi juga bisa mengurangi beban saat menarik tuas kopling, sehingga kopling terasa lebih enteng.

Kemudian untuk mekanisme slipper clutch, mengurangi back torsi atau engine brake yang berlebihan saat perpindahan ke gigi rendah, sehingga bisa meningkatkan kestabilan sepeda motor tersebut.

Tapi sayangnya untuk suspensi depan yang sudah upside-down pada All New CBR150R tak bisa dilakukan pemasangan secara plug and play.

"Cuma yang di upside-down tidak bisa (plug n play) harus ganti segitiga dan semacamnya," sambung Endro.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)