Bajaj Siap Bikin Moge 500cc, Basis dari Motor KTM

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 27 Des 2020 14:25 WIB
Bajaj siap bikin mge 500 cc
Bajaj siap bikin moge 500 cc. Foto: Gaadiwaadi
Jakarta -

Produsen otomotif asal India, Bajaj, siap melangkah jauh di industri sepeda motor. Bajaj siap membuat motor gede (moge) berkapasitas 500 cc, dengan basis dari motor KTM.

Dilansir dari Gaadiwaadi, Bajaj menjalin kerja sama dengan produsen motor asal Austria itu untuk mendirikan pusat pusat penelitian dan pengembangan di Pune. Salah satu hasilnya adalah dua mesin 490 cc dua silinder dikabarkan hadir tahun depan.

Menurut pernyataan CEO KTM Orange Camp, Stefan Pierer, salah satu area pabrik Bajaj di Pune akan digunakan sebagai basis produksi utama model KTM 125 - 390 cc. Selain itu, akan ada juga merek Husqvarna dengan kode 250 dan 401 yang akan diproduksi di sini.

Dengan beroperasinya fasilitas perakitan baru di Pune, maka kapasitas produksi sepeda motor KTM dan Husqvarna akan meningkat dari 160.000 kendaraan per tahun (2019) menjadi 180.000 kendaraan setiap tahun pada tahun 2021.

Selain kapasitas produksi meningkat, KTM dan Bajaj juga memiliki rencana untuk memproduksi model mesin 490 cc baru, dengan model mesin 2 silinder.

Menurut laporan terbaru, KTM diharapkan akan memasok Bajaj dengan 100% penelitian dan pengembangan mesin 490 cc baru. Sementara merek lain dari China, CFMoto, juga ikut kebagian mesin tersebut.

Bajaj tidak hanya dipercaya menjadi tim inti dalam mengembangkan mesin baru ini. Bajaj juga dituntut akan mengembangkan produksi mesin sendiri untuk pasar entry level, agar tidak memakan pangsa pasar KTM.

Kabarnya, Bajaj bermesin 500 cc ini akan dipasarkan di India dan Thailand. Bajaj dikatakan akan mengembangkan model ini mulai pertengahan tahun depan, sebelum peluncuran resminya pada tahun 2022 mendatang.



Simak Video "Pelaku Pelecehan Seksual Istrinya Ditangkap, Isa Bajaj: Nggak Damai!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)