Seru Banget, Bajaj Diadu di Balap Rally

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 02 Okt 2020 13:58 WIB
Red Bull gelar balap rally untuk Bajaj
Balapan Rally Bajaj di Sri Lanka. Foto: Youtube: Vimarshanath Motagedara
Jakarta -

Segala yang bisa melaju di atas roda kerap 'disalahgunakan' sebagai sarana adu balap, bahkan kendaraan roda tiga seperti Bajaj sekalipun. Balapannya pun bukan balapan biasa, melainkan balapan Rally yang menguji ketahanan dengan jarak tempuh jauh.

Balap Rally Bajaj ini diadakan di Sri Lanka dan sudah rutin diadakan setiap tahun. Edisi 2020 ini balapan itu diselenggarakan pada 22-23 Februari lalu dengan dukungan Red Bull sebagai panitia yang mengemas acaranya dengan tajuk Red Bull Tuk It.

Peserta terdiri mereka yang memang biasa menggunakan Bajaj sebagai kendaraan pencari nafkah. Selain itu ada pula yang memang hanya menggunakan Bajaj untuk balapan atau melakukan atraksi stunt.

Bajaj-bajaj ini akan menempuh jarak sejauh 138 km dari Kaluaggala ke Dambulla. Kedengarannya jaraknya memang relatif pendek, tapi jika anda melihat rutenya jarak itu merupakan jarak yang panjang apalagi untuk kendaraan seperti Bajaj.

Balapan Rally Bajaj ini memakan waktu selama dua hari dua malam. Satu bajaj berisikan dua personel dan dua lainnya sebagai asisten yang akan membantu manuver Bajaj atau memperbaiki kerusakan selama balapan.

Serunya balapan Bajaj ini tidak hanya mengandalkan kemampuan pengemudi. Dua asisten yang ada akan membantu memberikan manuver lebih tajam saat berbelok dalam kecepatan tinggi. Mereka akan membuat bajaj lebih berat di satu bagian sisi untuk menjaga kecepatan tetap tinggi saat berbelok.

Tidak hanya itu, beberapa kali juga asistennya membantu bajaj untuk mendaki tanjakan yang berat. Tidak jarang juga Bajaj terguling dan asisten ini pula yang membantu mengembalikan posisi Bajaj kembali ke jalur balapan.

Selama balapan ada 8 titik lokasi yang menjadi tempat pemberhentian sekaligus terdapat ada tantangan khusus. Ada tantangan kecepatan, ketahanan, tanjakan, medan sulit dan lain-lain. Melihat bagaimana perjuangan para peserta dalam video terlihat balapan Rally Bajaj ini sangat menantang tapi juga sangat menyenangkan.

Tahun depan, Red Bull Tuk It akan diselenggarakan lagi di Sri Lanka pada bulan Oktober 2021. Tertarik mencobanya?

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Ngirit Ongkos, Pemudik Ini Naik Bajaj dari Jakarta ke Tegal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)