Motor Listrik Masuk Kota Bandung

Wisma Putra - detikOto
Sabtu, 28 Nov 2020 17:59 WIB
Motor listrik mulai diuji di Bandung
Motor listrik masuk Bandung Foto: Wisma Putra/detikcom
Bandung -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan test drive sepeda motor listrik. Test drive ini dilakukan dari Kawasan Gedung Sate ke Sukajadi, Kota Bandung.

Pantauan detikcom, Sabtu (28/11/2020) test drive ini dipimpin langsung oleh Kadis ESDM Jabar Bambang Rianto, Kadishub Jabar Hery Antasari dan jajaran direksi perusahaan motor listrik.

Motor listrik ini, cocok digunakan di kawasan perkotaan. Selain, bentuknya yang ramping, motor ini juga bebas polusi karena tak mengeluarkan asal sedikitpun. Tidak hanya itu, motor listrik ini tidak memilki suara.

"Penggunaan transportasi listrik ini sudah menjadi kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Bambang ditemui di Jalan Sukajadi.

Bambang menyebut, sesuai keinginan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Jabar ingin menjadi daerah pertama yang mengimplementasikan kebijakan tersebut.

"Kebijakan itu, akan diimplementasikan, bahwa Jawa Barat ingin menjadi provinsi pertama yang membuat kebijakan penggunaan kendaraan berbasis listrik," ujarnya.

Motor listrik mulai diuji di BandungMotor listrik mulai diuji di Bandung Foto: Wisma Putra/detikcom

Saat ini sudah ada dua mobil listrik untuk gubernur dan wakil gubernur, juga sepeda motor yang na tinta akan digunakan setiap SKPD.

"Kedepan kita akan lakukan kebijakan, seluruh perangkat dinas menggunakan kendaraan berbasis listrik, mobil dan motor dan kita sudah memikirkan konsep lain untuk kebijakan ini," tambah Bambang.

Sementara itu, Kadishub Jabar Hery Antasari mengatakan, kendaraan listrik ini akan digunakan di tahun 2021 dan pihaknya sedang menyiapkan peraturan pemerintah (PP) nya.

"Kendaraan listrik ini, memenuhi mimpi dari sisi efesiensi dan lainnya. Kami dari Dinas Perhubungan sedang menyiapkan regulasi ditingkat provinsi dan PP ini juga harus dikeluarkan pergubnya yang dapat digunakan untuk masyarakat banyak di Tahun 2021," tuturnya.

"Semangatnya adalah untuk memberikan contoh dan semangat masyarakat bahwa sudah saatnya kita beralih ke kendaraan berbasis listrik," pungkasnya.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/lth)