Kamis, 19 Nov 2020 17:40 WIB

Gahar! Ducati Panigale V4 SP yang Cuma Cocok buat Sirkuit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ducati Panigale V4 SP, Gahar buat Sirkuit Ducati Panigale V4 SP. Foto: Dok. Ducati
Bologna -

Ducati meluncurkan motor sport fairing khusus di sirkuit balap yang dijual dalam jumlah terbatas. Adalah Ducati Panigale V4 SP 2021 yang menjadi motor sport gahar selanjutnya dari pabrikan asal Italia ini.

Ducati Panigale V4 SP merupakan motor balap yang dibuat dalam jumlah terbatas. Karena ini merupakan limited edition, terdapat nomor seri yang terulir di triple clamp.

Ducati Panigale V4 SP, Gahar buat SirkuitDucati Panigale V4 SP, Gahar buat Sirkuit Foto: Dok. Ducati

Apa saja istimewanya Panigale V4 SP ini? Motor ini telah dibekali pelek serat karbon dengan lima palang. Pelek itu menggantikan pelek aluminium. Alhasil, peleknya saja lebih ringan 1,4 kg.

Livery-nya juga unik. Ducati Panigale V4 SP dibalut dengan skema Ducati Winter Test yang didominasi warna hitam doff, garis merah khas Ducati dan warna logam pada tangki bahan bakar aluminium.

Ducati Panigale V4 SP, Gahar buat SirkuitDucati Panigale V4 SP, Gahar buat Sirkuit Foto: Dok. Ducati

Untuk mendukung pengereman, Ducati Panigale V4 SP dibekali kaliper rem Brembo Stylema R. Perangkat rem Brembo ini memastikan konsistensi performa selama penggunaan di sirkuit balap.

Mesin Desmosedici Stradale Panigale V4 SP dilengkapi dengan kopling kering STM-EVO SBK. Ada juga fitur Ducati Corse untuk motor balapnya, dengan tenaga yang disalurkan melalui rantai 520 pitch yang ringan.

Komponen penggunaan balap lainnya pada Ducati Panigale V4 SP termasuk footpeg yang posisinya dapat disesuaikan. Komponen itu terbuat dari bahan aluminium. Sementara spatbor depan, penutup kopling hingga winglet dibuat dari bahan serat karbon.

Item tambahan lainnya adalah penutup dudukan pelat nomor dan spion serta paket opsional modul Ducati Data Analyzer+ untuk pencatatan data dengan fungsi GPS.

Ducati Panigale V4 SP, Gahar buat SirkuitDucati Panigale V4 SP, Gahar buat Sirkuit Foto: Dok. Ducati

Untuk urusan stabilitas, Ducati Panigale V4 SP dilengkapi dengan suspensi depan Ohlins NIX-30 dan suspensi belakang Ohlins TTX36 ditambah steering damper yang dikendalikan oleh sistem Ohlins Smart EC 2.0.

Ducati menyempurnakan Panigale V4 SP dengan perangkat elektronik yang di dalamnya terdapat Race Riding Mode. Ini memungkinkan pengendara untuk menyimpan dua pemetaan mesin dan pengaturan suspensi yang berbeda. Ada mode Race A dan Race B. Pilihan mode itu tergantung kondisi lintasan.

Ducati secara khusus menyatakan bahwa Panigale V4 SP hanya untuk penggunaan sirkuit tertutup. Karena bukan motor jalan raya, Ducati Panigale V4 SP hanya tersedia dengan konfigurasi single seat.



Simak Video "Luca Marini Akan Lawan Sang Kakak Valentino Rossi di MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com