Kamis, 17 Sep 2020 11:57 WIB

China Bikin Kloningan Moge Ninja ZX-10R, Namanya Finja 500

Luthfi Anshori - detikOto
Kawasaki Ninja ZX-10R Kawasaki Ninja ZX-10R. (Kawasaki Motor Indonesia)
Jakarta -

Produsen sepeda motor China kerap membuat tiruan produk motor yang populer di pasaran. Tak hanya motor berkapasitas mesin kecil, motor gede (moge) pun kini mulai dilirik China untuk dibuatkan versi palsunya.

Setelah membuat tiruan moge BMW S 1000 RR dengan nama Moto S450RR, kali ini produsen sepeda motor China membuat tiruan moge Kawasaki yang berlaga di ajang WSBK, Ninja ZX-10R. Nama motor tiruan ini cukup unik, Finja 500, agak menyerempet kebesaran nama 'Ninja'.

Finja 500Finja 500 Foto: Motosaigon

Kemiripan Kawasaki Ninja ZX-10R dan Finja 500 bisa dilihat dari sisi desain yang cukup identik. Kemiripan tampak dari bagian fascia, lampu depan, hingga lampu belakang, yang beraura sporty. Perbedaan hanya terletak pada desain lampu sein di spion, dan lampu LED-nya.

Dari aspek mesin, perbedaannya cukup besar. Jika Ninja ZX-10R menggendong dapur pacu 998 cc, 4 silinder DOHC, Finja 500 hanya membawa mesin 500 cc 2 silinder, yang klaimnya bisa menghasilkan tenaga mencapai 50 dk.

Finja 500Finja 500 Foto: Motosaigon

Mendukung sistem pengereman, moge China ini juga sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-lock Brake System) yang bisa mencegah roda mengunci saat dilakukan hard braking. Pada bagian depan juga sudah mengusung suspensi Upside Down (USD) yang bisa meningkatkan handling.

Finja 500 dipasarkan di China, dengan banderol sekitar Rp 28,7 juta.



Simak Video " Kymco Luncurkan Motor Sport Listrik SuperNEX di EICMA Milan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com