Rabu, 16 Sep 2020 18:52 WIB

Vario Baru Diisukan Pakai Mesin 157 cc 4 Katup, AHM: Bisa

Luthfi Anshori - detikOto
Warna Baru Honda Vario 125 dan 150 Honda Vario 150. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta -

Astra Honda Motor (AHM) menjawab isu Vario 150 baru di Thailand, yang kabarnya bakal mendapatkan mesin lebih besar dan bertenaga. Menurut AHM, sangat mungkin bagi Honda untuk membuat spek mesin lebih powerfull dibanding merek kompetitor.

"Mungkin sih, bisa saja (pakai spesifikasi seperti itu-Red)," bilang General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, melalui pesan singkat kepada detikOto, Rabu (16/9/2020).

Kendati kemungkinan itu bisa terjadi, Muhib tidak menjelaskan lebih rinci lebih lanjut mengenai pengembangan Honda Vario 150 di Indonesia.

"Kami belum punya rencana ke sana ya," sambungnya lagi.

Bagi yang belum tahu, Honda Vario 150 kali pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2015 silam. Honda Vario 150 cc diklaim menjadi skutik pertama berkapasitas 150 cc yang diproduksi di Indonesia.

Honda Vario 150 pun menjadi salah satu tulang punggung penjualan AHM di Indonesia. Di kelas yang sama, Vario 150 bertarung dengan Yamaha Aerox 155. Jika melihat usianya yang menginjak 5 tahun, wajar jika Honda akan melakukan major facelift (ubahan besar) terhadap skutik ini.

Seperti dikutip dari Greatbiker, Honda siap melakukan ubahan besar pada Vario 150 agar bisa menyaingi spesifikasi rival utamanya, Yamaha Aerox 155. Vario 150 yang sebelumnya terasa inferior dengan mesin 150 cc 2 katup, akan di-upgrade dengan kapasitas mesin 157 cc 4 katup.

Honda Vario 150 yang dijual di negeri Gajah Putih dengan nama Honda Click-i itu kabarnya akan mendapatkan mesin baru yang lebih bertenaga dibanding varian sebelumnya.

Mengikuti jejak All New SH150i dan All New Forza 350 yang sudah dirilis di Eropa, Vario 150 baru ini juga akan mengusung mesin mesin baru bernama eSP + (enhanced Smart Power Plus).

Mesin yang memiliki kode produk K59 ini diyakini memiliki kapasitas lebih besar, menjadi 157cc. Sementara jumlah katup bertambah dari 2 katup menjadi 4 katup. Dengan spek dan power lebih besar, mesin ini disebut tetap hemat bahan bakar.

Sementara dari segi desain eksterior, belum ada informasi yang pasti. Namun demikian, Vario 150 terbaru diharapkan tetap mengusung desain saat ini yang cukup sporty dan diterima pasar. Sistem Kontrol Traksi HSTC juga diharapkan terpasang untuk melawan Yamaha Nmax baru, yang sudah dibekali fitur semacam itu.

Yamaha kabarnya akan meluncurkan All New Aerox 155 di akhir tahun 2020 ini, sehingga momennya akan sangat tepat jika Honda juga merilis Vario 150 baru di tahun ini.



Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com