Senin, 31 Agu 2020 14:49 WIB

Pemotor Bonceng 3 Masuk Tol Jadi Bukti Lemahnya Pemahaman Bikers Soal Berkendara

Luthfi Anshori - detikOto
Tangkapan Layar Pemotor Masuk Tol Bekasi Pemotor masuk tol di Bekasi. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kasus pengendara motor masuk tol kembali terjadi. Kali ini kejadiannya di Bekasi, di mana pengendara motor yang berboncengan tiga orang menerobos masuk ruas tol Bekasi Timur. Mirisnya lagi, mereka tidak menggunakan helm dan baru berhenti setelah bersenggolan dengan mobil.

Menurut instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, peristiwa pemotor masuk tol tersebut menjadi cerminan betapa lemahnya pemahaman tata cara berkendara sepeda motor di Indonesia.

"Perilaku seperti ini menunjukkan bahwasannya banyak pengendara motor tidak memahami peraturan berlalu lintas. Kita bisa lihat dari ekspresi visual, penumpang ibu-ibu dengan tiga orang masuk tol. Itu menjadi indikator lemahnya tata cara berlalu lintas di kalangan pemotor," kata Jusri, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Senin (31/8/2020).

Menurut Jusri, ada 3 faktor yang mengakibatkan banyaknya pelanggaran lalu lintas di kalangan pemotor. "Pertama akses yang mudah untuk mendapatkan motor, terus kedua mereka berpikir berkendara di jalan raya itu hanya soal keterampilan saja, dan mungkin mereka berpikir bahwa kecelakaan itu hanyalah takdir," sambung Jusri.

Untuk mengantisipasi supaya peristiwa serupa tidak terjadi lagi, Jusri mengatakan perlu adanya upaya penyadaran atau edukasi kepada para pengendara motor.

"Mari kita mengingatkan kepada keluarga atau orang-orang yang berada di lingkaran influence kita tentang tata tertib berlalu lintas, tentang risiko berlalu lintas. Bagaimana risiko kecelakaan begitu tinggi. Naik motor di ruang publik itu bukan keterampilan semata, tetapi juga menyangkut tentang pedoman-pedoman keselamatan, tata tertib, dan kemudian juga pedoman empati atau berbagi," bilang Jusri.



Simak Video "Pemotor Nekat Terobos Masuk Tol Jagorawi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com