Jumat, 28 Agu 2020 10:41 WIB

Yamaha MT-07 dan MT-09: Ini Spesifikasi Lengkap dan Fakta Ketangguhannya

M Luthfi Andika - detikOto
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan motor CBU MT-07 dan MT-09 terbaru yang dibawa langsung dari Jepang. Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09 Foto: Dok. Yamaha Indonesia
Jakarta -

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan model terbaru CBU mereka Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09. Kedua model moge Yamaha ini dibawa langsung dari Jepang untuk bisa memenuhi kebutuhan pencintanya di Indonesia. Tapi apa saja kelebihan keduanya ya?

Nah kali ini detikOto coba menyajikan ketangguhan apa saja yang ditawarkan Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09 ini. Penasaran yuk simak ulasannya berikut ini.

Yamaha MT-07

Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09Yamaha MT-07 Foto: dok. Yamaha Indonesia

Untuk CBU terbaru Yamaha MT-07, motor made in atau produksi Jepang ini dibanderol Rp 243 juta (on the road). Motor ini diklaim bakal memenuhi kebutuhan para pecinta moge di kelasnya.

Yamaha MT-07 diklaim bakal asyik ditunggangi, karena Yamaha MT-07 memang sengaja dilahirkan untuk memiliki kemampuan manuver yang luar biasa. Yaitu dengan mengkombinasikan jarak sumbu roda yang presisi, didukung tipe rangka punggung baja yang ramping dan menempel pada mesin.

Selanjutnya dikatakan Yamaha MT-07 memiliki bobot ringan, berkat pemilihan rangka bertipe tubular. Sehingga mampu menciptakan struktur rangka yang kuat namun tetap ringan. Model ini memiliki bobot ringan hanya 164 KG.

Yamaha MT-07 diklaim juga bakal lebih nyaman karena motor ini dilengkapi dengan shock depan adjustable dan shock belakang sebagai absorber yang memiliki daya redam dan kejut yang lebih baik, serta penyetelan rebound dapat memudahkan untuk menyesuaikan kondisi berkendara.

Soal desain Yamaha MT-07 juga tidak kalah kece dibandingkan dengan model moge lain di kelasnya. Sebut saja pada desain tangki bahan bakar modern dan air scoop yang tegas memberi MT-07 citra yang lebih tajam dan atletis. Memperkuat tampilannya sebagai line up MT series. Desain lampu depan dan lampu belakang yang dinamis ikut serta meningkatkan kualitas dan gaya secara menyeluruh.

Soal performa motor Jepang ini juga solid. Karena berkat struktur rangka ringan dan desain bodi modern, Yamaha MT-07 berhasil menggabungkan kinerja responsive, dengan pengendalian sempurna namun konsumsi bahan bakar yang luar biasa ekonomis. Menjadikannya sepeda motor yang sangat ideal.

Yamaha MT-07 ditawarkan menggunakan mesin 2 silinder in line berjenis Crossplane dengan ukuran 689 CC. Dilengkapi teknologi Berpendingin Cairan. Mampu menghasilkan Torsi Maksimal Hingga 68 Nm pada 6500 RPM dengan total 73,7 Horse Power. Berikut spesifikasi mesinnya.

Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09Yamaha MT-07 Foto: dok. Yamaha Indonesia

TIPE MESIN: Liquid cooled, 4-stroke, DOHC, 8 Valves
SUSUNAN SILINDER: 2-Cylinder dan In-Line
Bore X Stroke: 78,0 mm X 59,1 mm
DIAMETER X LANGKAH: 80 x 68,6 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI: 11,5:1
VOLUME SILINDER: 689 cc
DAYA MAKSIMUM: 74,8 PS (55 kW) / 9000 rpm
TORSI MAKSIMUM: 68 Nm / 6500 rpm
SISTEM STARTER: Starter Elektrik
SISTEM PELUMASAN: Wet-Sump
KAPASITAS OLI MESIN: 3 Liter
SISTEM BAHAN BAKAR: Fuel Injection
TIPE KOPLING: Multi Wet Clutch
TIPE TRANSMISI: Manual, 6 Speed

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com