Lompat dari Motor dalam Kecepatan 218 Km/jam Tanpa Cedera, Vinales Diselamatkan Airbag

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 27 Agu 2020 17:04 WIB
Red Flag! Vinales Jatuh, Motor Nyelonong dan Terbakar
Vinales lompat dari motor saat kecepatan 218 km/jam. Foto: 20detik
Jakarta -

Maverick Vinales mengalami nasib sial saat melakoni balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu. Rem motor Yamaha YZR-M1 tunggangannya blong, ia harus menyelamatkan diri dengan melompat dari motor.

Data yang dipublikasikan oleh Alpinestars sebagai pemasok pakaian balap Vinales menampilkan, Vinales lompat dari motor saat motornya masih melaju dalam kecepatan tinggi. Pebalap asal Spanyol itu untungnya bisa terhindar dari bencana berkat kecepatan berpikirnya yang cepat dan tepat. Ia melompat dari motor yang tidak bisa direm beberapa detik sebelum menabrak pagar pengaman.

Melihat data yang dipublikasikan Alpinestars, pada kecepatan 218 km/jam Vinales membuat keputusan melompat dari motor. Airbag atau kantung udara yang terpasang di baju balapnya mengembang beberapa milidetik sebelum benturan awal.




Airbag itu melindungi Vinales saat dia menghantam aspal dengan kekuatan lebih dari 20G.

Pebalap Monster Energy Yamaha itu merasakan benturan maksimal dengan tanah sedetik kemudian di mana ia mencatatkan 23,45G saat meluncur di sepanjang aspal. Ini dengan cepat diikuti oleh benturan lainnya di lebih dari 20G, saat ia terus meluncur selama 4,8 detik sebelum melambat hingga terjatuh selama 1,9 detik.

Berkat teknologi keamanan airbag dalam pakaian tersebut, ViƱales dapat segera bangkit kembali. Sayangnya, motor Vinales hancur berantakan karena menghantam pagar pengaman. Motor Vinales terbakar dan ringsek.

Akibat kecelakaan itu, balapan MotoGP Styria harus ditunda, race direction memutuskan untuk mengibarkan bendera merah.

Ini adalah insiden menakutkan kedua bagi Vinales di Austria. Sepekan sebelumnya dia beruntung menghindari tertabrak motor terbang dalam kecelakaan Johann Zarco dan Franco Morbidelli.

Kini, Vinales kembali berlatih main motor lagi. Di Instagram, Vinales pamer bermain motor flat track di Circuit Andorra di Spanyol.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)