Rabu, 19 Agu 2020 15:54 WIB

Motor Masa Depan Bakal Punya Komputer dan Tersambung ke Internet

M Luthfi Andika - detikOto
Motor pintar dari Siemens dengan teknologi MindSphere. Mindsphere sistem pintar untuk motor Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Mobil dengan sistem komputerisasi sudah banyak bermunculan , yang memungkinkan 'diajak bicara' untuk memberi informasi seperti kondisi jalan, mengatur perangkat intertainment, sampai suhu ruangan. Tak lama lagi, motor juga akan punya teknologi serupa..

Motor pintar yang terkoneksi dengan internet itu saat ini tengah dikembangkan oleh sekelompok ilmuan yang bekerjasama dengan Siemens. Mereka akan membangun sistem IoT (Internet of Things) yang disebut dengan MindSphere. Demikian dikutip visordown.

Disebutkan kalau sistem MindSphere ini akan membuat sepeda motor bisa terhubung dengan Cloud. Sistem ini dikatakan akan menggunakan serangkaian sensor dan dipasang di sekitar motor yang memantau mesin dan juga lingkungan di sekitarnya. Nantinya sebagian besar informasi perlu diunduh setelah untuk menganalisis apa yang telah terjadi.

Motor pintar dari Siemens dengan teknologi MindSphere.Motor pintar dari Siemens dengan teknologi MindSphere. Foto: Pool (visordown)

Sistem MindSphere bekerja dengan secara otomatis mengunggah data ke cloud secara real time, yang berarti sepersekian detik setelah sepeda memasuki tikungan atau menabrak, atau saat mengalami peristiwa lain. Teknologi ini diklaim juga sangat berguna untuk pengendara umum, dan akan memudahkan tim balap saat berada di pit saat memantau informasi lebih akurat dan performa motor saat digeber di lintasan.

Sistem ini memungkinkan bisa memantau kemiringan sepeda, suhu ban belakang, posisi GPS, suhu udara, kecepatan sepeda, akselerasi dan perlambatan, serta fungsi garpu. Sehingga di masa mendatang tidak ada alasan ada kerusakan pada sistem tekanan rem, permasalahan pada pemilihan gigi dan kecepatan atau selip roda belakang lagi karena semuanya sudah terdata dengan baik.

Terakhir sistem baru ini dipimpin oleh Petra Fuchsíková, seorang ilmuwan Siemens dari Republik Ceko. Dia bekerja sebagai konsultan untuk perusahaan digital dan sistem operasi IoT berbasis cloud dari Siemens. Dia juga seorang pembalap sepeda motor dan telah berada di garis depan dalam menguji sistem baru dengan menghubungkan sepeda balapnya ke cloud.



Simak Video "Tebar Teror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Diringkus!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com