Rabu, 19 Agu 2020 11:06 WIB

Terinspirasi dari Motor MotoGP, CBR1000RR-R Fireblade Dijual Sampai Rp 1,1 M

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda CBR1000RR-R Fireblade meluncur di Indonesia Honda CBR1000RR-R Fireblade. Foto: Dok. Astra Honda Motor.
Jakarta -

Honda CBR1000RR-R Fireblade yang terinspirasi dari motor MotoGP akhirnya meluncur di Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mulai memasarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade di Tanah Air.

Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, Honda CBR1000RR-R Fireblade mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport Honda, serta mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda CBR1000RR-R Fireblade merupakan motor supersport terbaik Honda CBR series yang didesain dengan kinerja dan kekayaan fitur yang belum ada sebelumnya untuk sebuah motor yang siap dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit.

"Kami menghadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia, terutama pecinta kecepatan, karena kami menyadari terdapat konsumen yang menginginkan motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit," ujar Toshiyuki Inuma dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (19/8/2020).

Ditambahkan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, kehadiran Honda CBR1000RR-R Fireblade ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan mimpi masyarakat, termasuk para pecinta sepeda motor premium.

Honda CBR1000RR-R Fireblade meluncur di IndonesiaHonda CBR1000RR-R Fireblade meluncur di Indonesia Foto: Dok. Astra Honda Motor

"Honda CBR1000RR-R Fireblade akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda ini," ujar Johannes Loman.

Honda CBR1000RR-R Fireblade ditenagai mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke: 81 mm x 48,5 mm). Tenaga maksimalnya naik menjadi 160 kW @14.500 rpm (sebelumnya 141 kW), dan torsi maksimal mencapai 113 Nm @12.500 rpm.

Honda CBR1000RR-R Fireblade meluncur di IndonesiaHonda CBR1000RR-R Fireblade meluncur di Indonesia Foto: Dok. Astra Honda Motor

Performa tinggi sektor dapurpacu diimbangi dengan hadirnya peranti elektronik paket lengkap. Honda CBR1000RR-R Fireblade tetap dibekali sistem bukaan gas (throttle) via electrical wire yang presisi, akrab disebut Throttle by Wire.

Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi sepeda motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft) , berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

Fitur lainnya, Honda CBR1000RR-R Fireblade memiliki fitur Wheelie Control yang mencegah ban depan terangkat saat berakselerasi terlalu tinggi. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena rem terlalu dalam.

Satu hal lagi yang menjadikan Honda CBR1000RR-R Fireblade semakin naik kelas, adanya fitur Start Mode. Fitur ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan start, memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan (6.000-10.000 rpm).

Fitur Assist & Slipper Clutch menjadi peranti standar, untuk memperingan pengoperasian kopling dan menghilangkan efek ban terkunci saat terjadi engine brake karena pengurangan gigi. Pada tipe SP, dibekali Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi naik-turun semakin cepat.

AHM menawarkan Honda CBR1000RR-R Fireblade dalam dua varian, tipe STD dengan warna hitam (Matte Pearl Morion Black), dan tipe SP dengan warna khas Honda Tricolor. Keduanya dijual Rp Rp990.000.000 (tipe STD) dan Rp1.100.000.000 (tipe SP) dengan status on the road wilayah Jakarta.



Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com