Minggu, 19 Jul 2020 13:37 WIB

Spesifikasi Nmax yang Tolong Alex Marquez Setelah Jatuh, Harganya Rp 59 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Alex Marquez naik Yamaha Nmax buatan Indonesia Alex Marquez diboncengi Nmax setelah jatuh pada sesi latihan bebas. Foto: Instagram @abidin_friends
Jakarta -

Yamaha Nmax mencuri perhatian netizen Indonesia di seri perdana MotoGP 2020. Motor ini menjadi viral lantaran digunakan pebalap Repsol Honda Team, Alex Marquez, setelah ia terjatuh di sesi latihan bebas. Seperti apa spesifikasi Yamaha Nmax tersebut?

Nasib sial menimpa Alex Marquez yang menjalani debut di MotoGP. Adik Marc Marquez itu mengalami crash saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP 2) di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Jumat (17/7) lalu. Dibantu petugas sirkuit, Alex Marquez kembali ke paddock menggunakan skutik Yamaha Nmax yang memang dijadikan sebagai support vehicle MotoGP Spanyol.

Yamaha Nmax yang dikendarai Alex Marquez diketahui buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bersama Xmax 250, Nmax diproduksi di pabrik YIMM yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur.

Tentunya ada perbedaan spesifikasi dengan unit Nmax yang dijual di Indonesia. Perbedaan paling besar adalah dari sisi mesin. Nmax untuk pasar Eropa dibekali mesin lebih kecil, 125 cc, SOHC, satu silinder, dengan diameter x langkah 52 mm x 58,6 mm.

Yamaha Nmax 125 yang dijual di EropaYamaha Nmax 125 yang dijual di Eropa Foto: Yamaha Europe

Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.750 rpm dan torsi 11,7 Nm pada 6.500 rpm, disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi CVT. Mesin ini juga sudah dibekali teknologi katup variabel alias VVA (Variable Valve Actuation), yang menjaga tenaga tetap maksimal di setiap rentang putaran mesin. Selain itu, Yamaha Nmax 125 ini telah lolos regulasi emisi Euro4.

Adapun unit Nmax yang dipasarkan di Eropa merupakan Nmax generasi pertama yang masih mengadopsi panel instrumen digital berbentuk bulat, serta sokbreker belakang tanpa tabung. Sebagai tambahan perangkat safety, ada dua mata kucing yang disematkan di spakbor belakang dan sistem rem ABS dual channel, yang bisa mencegah roda mengunci saat melakukan pengereman mendadak.

Sebagai perbandingan, Yamaha Nmax di Indonesia dijual dengan kapasitas mesin 155 cc dan sudah mengalami update dengan desain panel instrumen berbentuk kotak dan sokbreker belakang model tabung. Pada akhir 2019 lalu, YIMM telah meluncurkan All New Nmax dengan revisi desain di bagian headlamp dan buritan, serta penambahan beberapa fitur dan teknologi modern.

Sementara di Eropa, Nmax model lawas masih dipasarkan dengan pilihan warna milky white, phantom blue, dan matt grey. Skutik ini dibanderol mulai 3.174 poundsterling atau setara dengan Rp 59 juta.



Simak Video "Alex Marquez Back to Back Podium MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com