Sabtu, 04 Jul 2020 09:15 WIB

Begini Komentar Pebalap Dunia Usai Jajal Kawasaki Ninja ZX-25R

Luthfi Anshori - detikOto
Kawasaki Ninja ZX-25R dites pembalap Kawasaki Ninja ZX-25R diuji oleh Jonathan Rea dan Alex Lowes. Foto: Facebook Kawasaki
Jakarta -

Kawasaki Ninja ZX-25R memang baru akan diluncurkan di Indonesia pada 10 Juli nanti. Namun motor ini sudah jauh-jauh hari dites oleh pebalap Kawasaki. Performa Ninja ZX-25R sudah pernah diuji oleh dua pebalap Kawasaki Racing Team (KRT) yang berlaga di ajang WorldSBK (World Superbike), Jonathan Rea dan Alex Lowes. Bagaimana komentar mereka terhadap Ninja 250 bermesin 4 silinder ini?

"Saya benar-benar menikmatinya. Suaranya sangat fantastis saat keluar dari tikungan," ujar Lowes, menanggapi pernyataan Rea, seperti dilihat detikOto di video 'Kawasaki Ninja ZX-25R KRT Rider Impressions', yang diunggah kanal YouTube Kawasaki Indonesia, Jumat (3/7/2020).

Rea juga menanyakan kepada Lowes soal kinerja fitur quickshifter yang ada pada Ninja ZX-25R. Lowes mengatakan bahwa ia sangat menikmati fitur itu, terutama ketika masuk tikungan, di mana proses downshift (menurunkan gigi) jadi terasa mudah dan menyenangkan.

Tak mau kalah, Rea pun mengutarakan pendapatnya mengenai Ninja ZX-25R. Menurut juara World Superbike 5 kali berturut-turut (2015-2019) ini, Ninja ZX-25R cocok untuk penggunaan harian di jalan raya maupun untuk penggunaan di lintasan balap.

"Setuju. Motor ini memiliki kualitas tinggi, menyenangkan, dan performa hebat di tikungan cepat maupun lambat," sahut Lowes menyetujui pendapat Rea.

"Saya suka sasisnya. Saya bisa mengerem terlambat (late brake) di tikungan, motor tetap menikung dengan lancar," timpal Rea. "Saya juga tidak sabar mendengar kesan orang tentang motor ini," tambah Rea.

[Gambas:Youtube]


Sebagai informasi, Kawasaki Ninja ZX-25R pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Kendati kali pertama diperkenalkan di Jepang, pengembangan dan produksi Ninja ZX-25R justru dilakukan oleh Indonesia dan Thailand.

Peluncuran Ninja ZX-25R di Indonesia sempat ditunda lantaran pandemi Corona (COVID-19). Awalnya, motor ini dijadwalkan meluncur pada Kawasaki Bike Week pada 4 April 2020. Motor ini dijadwalkan meluncur pada 10 Juli 2020 pukul 15.00 WIB. Peluncuran dilakukan secara digital melalui akun YouTube Kawasaki Indonesia.

Guna menghibur konsumen di Indonesia. Sedikit demi sedikit, KMI menghadirkan teaser ZX-25R. Sebelumnya menampilkan video modifikasi dari Ninja ZX-25R, pemasangan aksesori dari brand Sniper Jepang. Beberapa komponen seperti footstep, setang, tuas kopling, tuas rem, dan hand guard besutan Sniper dipasang pada motor ini.

Selanjutnya, KMI juga memasang knalpot aftermarket keluaran Yoshimura. Suara knalpot aftermarket itu cukup melengking saat digeber di Sirkuit Sentul.

Mengutip dari situs otomotif Jepang, Young Machine, Kawasaki Ninja ZX-25R diprediksi akan mendapatkan 3 pilihan warna. Yang sudah pasti adalah warna hijau dengan livery KRT (Kawasaki Racing Team). Sementara beberapa opsi warna lain yang bisa diaplikasikan adalah hitam, biru, metalik, putih, dan orange.

Belum diketahui soal harga pasti yang dipasarkan di Indonesia. Tetapi untuk varian Ninja ZX-25R varian KRT, kemungkinan besar harganya menyentuh 990.000 yen atau sekira Rp 126,6 juta. Sebagai catatan, prediksi harga itu berlaku untuk pasar Jepang.

Dari sektor jantung pacu, Ninja ZX-25R mengusung mesin 249 cc yang sama sekali baru dikembangkan. Mesin itu memiliki konfigurasi 4 tak, 4 silinder segaris, DOHC dengan total katup sebanyak 16 (4 katup per silinder).

Mesin itu diklaim lebih halus. Mesin juga disebut memiliki torsi yang rasional pada rentang kecepatan rendah hingga menengah. Di putaran mesin tinggi, mesin ini dikatakan mampu menyediakan power yang besar.

Tak hanya bermodalkan spesifikasi mesin gahar, Kawasaki Ninja ZX-25R juga akan membawa sejumlah fitur modern. Antara lain electronic throttle valves, assist and slipper clutch, KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quickshifter) (SE), dan terakhir power mode dengan pilihan full dan low.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com