Rabu, 01 Jul 2020 10:15 WIB

Ini Orang Pertama di Dunia yang Miliki Ducati Superleggera V4 Edisi Terbatas

Luthfi Anshori - detikOto
Ducati Superleggera V4 Limited Edition Inilah orang pertama di dunia yang miliki Ducati Superleggera V4. Foto: Ducati
Jakarta -

Ducati resmi melakukan pengiriman pertama Superleggera V4 edisi terbatas (limited edition) ke konsumen. Pebalap asal Belgia Filip Van Schil berhasil menjadi Ducatista pertama di dunia yang beruntung memiliki moge bercita rasa motor balap itu.

Prosesi serah terima kunci dilakukan langsung oleh CEO Ducati, Claudio Domenicali. Van Schil menerima kunci kontak bernomor 001/500, yang artinya dia menjadi pemilik Ducati Superleggera V4 Limited Edition pertama dari 500 unit yang diedarkan di dunia.

Sebagai fans berat Ducati, Van Schil telah memiliki sembilan motor Ducati lainnya. Oleh sebab itu, perusahaan holding Ducati tak ragu mengundangnya langsung ke pabrik Borgo Panigale untuk melakukan tur spesial.

Ducati Superleggera V4 Limited EditionDucati Superleggera V4 Limited Edition Foto: Ducati

Dalam tur itu, Van Schil bisa melihat lebih dekat proses pembuatan motor yang dibelinya. Ia juga bisa bertemu dan berkomunikasi langsung dengan para pekerja yang membuat mesin motornya yang spesial. Selain itu, ia juga mendapat kesempatan mengunjungi Museum perusahaan, Centro Stile Ducati, dan Divisi Balap Ducati.

Untuk informasi, dalam setiap paket pembelian Ducati Superleggera V4 Limited Edition, konsumen akan mendapatkan sertifikat keaslian. Motor akan dikemas dalam peti kayu dengan grafis khusus. Paket pembelian juga meliputi kit balap, racing suit Sumisura Ducati, dan helm karbon.

Yang istimewanya lagi, perusahaan Italia akan memberikan kesempatan kepada 30 pemilik Ducati Superleggera V4 untuk merasakan pengalaman ngebut di lintasan sirkuit menggunakan motor MotoGP Ducati Desmosedici GP.

Ducati Superleggera V4 Limited EditionDucati Superleggera V4 Limited Edition Foto: Ducati

Ducati Superleggera V4 Limited Edition merupakan satu-satunya motor di dunia yang dihomologasi untuk penggunaan jalan raya. Motor ini menggunakan serat karbon pada bagian rangka, swingarm, dan pelek.

Pihak Ducati tidak pernah mengumumkan resmi harga Supperlegera V4 ini. Namun berdasarkan informasi, motor yang hanya diproduksi 500 unit di dunia itu dilepas dengan harga USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar.

Ducati Superleggera V4 mengusung mesin V8 998cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 234 dk. Ducati menyebut Superleggera V4 sebagai motor paling kuat dan paling berteknologi saat ini.

Paket aero pada Superleggera V4 terinspirasi dari motor MotoGP Ducati. Dengan perangkat ini, bisa menghasilkan efek down force 120 pound pada kecepatan 170 mph. Downforce sangat membantu untuk menjaga roda depan tetap pada lintasan, dan meningkatkan stabilitas saat pengereman.

Ducati Superleggera V4 Limited EditionDucati Superleggera V4 Limited Edition Foto: Ducati


Simak Video "MotoGP Austria Milik Lorenzo"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com