Rabu, 06 Mei 2020 09:38 WIB

Ojol Boleh Angkut Penumpang Selama PSBB, Ini Syaratnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Begini suasana Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok dengan melakukan Chek Point oleh polisi saat pemeriksaan sejumlah kendaraan di Bundara Fly Over UI, Depok, Jawa barat, Rabu (15/4/2020).  Banya pengendara yang masih mematuhi peraturan PSBB oleh Pemkot Kota Depok PSBB Jawa Barat. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai berlaku di Provinsi Jawa Barat (Jabar), Rabu (6/5/2020) hari ini. Sejumlah aktivitas warga dibatasi.

Salah satu yang dibatasi adalah sektor transportasi. Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 36 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanggulangan COVID-19 di Wilayah Provinsi Jawa Barat, kendaraan pribadi harus membatasi jumlah orang dalam satu kendaraan maksimal 50% dari kapasitas kendaraan.

Sepeda motor boleh dipakai untuk berboncengan dengan beberapa ketentuan. Di antaranya adalah pengemudi dan penumpang memiliki alamat yang sama, diperuntukkan bagi kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan penyebaran COVID-19, dan diperuntukkan bagi kondisi gawat darurat kesehatan.

Pada Pergub Jabar No. 36 Tahun 2020 pasal 7, angkutan sepeda motor online atau berbasis aplikasi (ojek online/ojol) dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang. Pengemudi ojol tetap harus menggunakan helm pribadi, masker, dan sarung tangan, serta tidak berkendara jika sedang mengalami gejala suhu tubuh di atas normal, batuk, pilek, diare dan sesak nafas.

Dijelaskan lebih lanjut, ojol boleh mengangkut penumpang selama PSBB Jabar. Adapun ketentuan ojol boleh mengangkut penumpang antara lain:

a. diperuntukkan bagi kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan penyebaran Covid-19; dan
b. diperuntukkan bagi kondisi gawat darurat kesehatan.



Simak Video "Simak Imbauan Polisi terkait Moda Transportasi Jelang PSBB di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com