Senin, 20 Apr 2020 19:45 WIB

Royal Enfield Photon: Motor Listrik Bergaya Klasik Berpenampilan Retro

M Luthfi Andika - detikOto
Royal Enfield Photon listrik Akhirnya pabrikan brand Inggris milik India, Royal Enfield, memperkenalkan model terbaru mereka yang berbekal listrik. Foto: Pool Visordown
Jakarta -

Akhirnya pabrikan Inggris milik India, Royal Enfield, memperkenalkan motor terbaru mereka yang bertenaga listrik. Disapa Royal Enfield Photon, model ini masih menawarkan desain klasik.

Seperti dikutip visordown, layaknya pabrikan otomotif lainnya, Royal Enfield juga ingin memperkenalkan model yang ramah lingkungan tanpa emisi gas buang.

Bicara soal desain, Royal Enfield Photon memiliki desain yang sama seperti Royal Enfield Bullet 500. Masih memakai gaya klasik dan tampilan retro, perbedaan dengan Bullet 500 nyaris tak terasa. Suspensi dan sasis yang dipakai pada Photon ini sama dengan seperti yang dipakai pada versi bensin, sehingga diklaim masih punya handling yang sangat baik. Apalagi bobotnya juga tidak berbeda jauh.

Menariknya, untuk bisa melahirkan motor listrik ini, Royal Enfield mengawinkan teknologi-teknologi dari beberapa pabrikan.

Royal Enfield Photon listrikRoyal Enfield Photon listrik Foto: Pool (visordown)

Speed controller dan hardware pengisian baterai Royal Enfield menggunakan milik Zero S Electric Motorcycle. Namun akan ada perbedaan pada baterai yang digunakan, di mana Royal Enfield Photon bakal menggendong baterai 10kWh. Baterai ini lebih kecil jika dibandingkan dengan motor listrik keluaran Zero S.

Soal kemampuan, motor listrik Royal Enfield ini diklaim bisa menempuh hingga 80 mil atau 128 km. Punya power setara 16 tenaga kuda, tunggangan ini punya top speed hingga 160 km/jam.

Berapa harganya? Belum ada rilis resmi dari Enfield. Namun kabarnya akan dibanderol seharga 20 ribu poundsterling (Rp 385 jutaan).



Simak Video "Penyegaran Royal Enfield Himalayan, Motor Petualang Rp 114 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com