Jumat, 03 Apr 2020 10:20 WIB

Pabrik Setop Produksi, Yamaha 'Puasa' Kirim Motor Made In Indonesia ke Luar Negeri

M Luthfi Andika - detikOto
Yamaha Indonesia kembali menambah model sepeda motor yang diekspor. Kali ini, pabrikan berlogo garpu tala ini mengekspor skuter matik (skutik) bongsor ke Eropa yaitu Yamaha XMAX 300. Ekspor Yamaha Xmax made in Indonesia puasa dulu karena pabrik setop produksi (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan menghentikan sementara produksi mereka di Indonesia. Dihentikannya produksi Yamaha di Indonesia, sesuai dengan imbauan pemerintah untuk mengurangi dampak dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan menghentikan operasional produksi.

Artinya motor made in Indonesia yang akan di ekspor dari 'dapur' Yamaha pun harus terhenti. Hal itu dikonfirmasi oleh Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, saat dihubungi detik.com.

"Untuk ekspor, ada beberapa negara importir yang menerapkan kebijakan lockdown. Kami pun menyesuaikan ekspor dengan kondisi dan aturan di masing-masing negara tujuan," jelas Anton.

Ekspor motor Yamaha made in IndonesiaEkspor motor Yamaha made in Indonesia Foto: Rangga Rahadiansyah

"Semua operasional produksi kita hentikan untuk sementara, demi menjaga kesehatan dan keamanan bersama," tambah Anton.

Sebagai catatan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi basis ekspor untuk beberapa model motor Yamaha. Di antaranya Yamaha Xmax, Yamaha Nmax, Yamaha Lexi,Yamaha Aerox, Yamaha YZF-R3, Yamaha YZF-R25, Yamaha MT-03, Yamaha MT-25, Yamaha R15, Yamaha MX-King dan beberapa model lain.

Anton tidak menyebutkan berapa dampak ekonomi penghentian produksi dan puasa ekspor yang disebabkan pandemi virus corona ini pada Yamaha.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com