Selasa, 11 Feb 2020 09:44 WIB

Superleggera V4: Roket Karbon Ducati, Seharga Rp 7,8 Juta per 1 Kg Bobot

Luthfi Anshori - detikOto
Ducati Superleggera V4 Ducati Superleggera V4 (Foto; Ducati)
Jakarta -

Ducati baru saja memperkenalkan model sportbike Superleggera V4. Dibangun dari basis Ducati Panigale V4, Superleggera V4 menanggalkan hampir semua material aluminium dan menggantinya dengan komponen serat karbon ringan.

Melansir dari laman Jalopnik struktur karbon ringan ini meliputi bagian bearing, rangka, swingarm, dan pelek roda. Dengan pengaplikasian komponen serat karbon tersebut, memangkas bobot Superleggera V4 menjadi lebih ringan 35 pound atau sekitar 16 kg.

Setiap Setengah Kg Bobot Ducati Superleggera V4 Harganya Rp 3,9 JutaFoto: Ducati

Pihak Ducati belum membocorkan harga Supperlegera V4. Namun berdasarkan informasi, motor yang hanya diproduksi 500 unit di dunia itu dilepas dengan harga USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar.

Cukup mahal ya? bahkan menurut Jalopnik jika diasumsikan, per 1 pound (0,5 kg) dari bobot Superleggera V4 dibanderol USD 285 atau setara Rp 3,9 juta.

Sebagai informasi, Ducati Superleggera V4 mengusung mesin V8 998cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 234 dk. Ducati menyebut Superleggera sebagai motor paling kuat dan paling berteknologi saat ini.

Paket aero pada Superleggera V4 terinspirasi dari motor MotoGP Ducati. Dengan perangkat ini, bisa menghasilkan efek down force 120 pound pada kecepatan 170 mph. Downforce sangat membantu untuk menjaga roda depan tetap pada lintasan, dan meningkatkan stabilitas saat pengereman.

Setiap Setengah Kg Bobot Ducati Superleggera V4 Harganya Rp 3,9 JutaFoto: Ducati


Simak Video "MotoGP Austria Milik Lorenzo"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com