Senin, 27 Jan 2020 13:32 WIB

Inikah Tampang Triumph dan Bajaj saat Kolaborasi Lahirkan Motor Bareng?

M Luthfi Andika - detikOto
Bajaj dan Triumph Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Triumph dan Bajaj memastikan akan berkolaborasi melahirkan motor bersama yang akan dipasarkan di Asia. Spekulasi desain motor ini mulai bermunculan dan mulai memprediksi mesin apa yang bakal digendong.

Dikutip Visordown, kali ini ada satu desain yang diklaim bakal cocok untuk menjadi varian terbaru dari Triumph dan Bajaj. Namun untuk mesin, kedua perusahaan ini sudah pastikan akan melahirkan motor Mid-Range Capacity dengan mesin 200-750cc.

Memang semuanya belum ada yang pasti, namun mengingat kerja sama Bajaj dan KTM yang sudah terjalin sebelumnya, besar kemungkinan motor Triumph dan Bajaj tidak akan jauh berbeda.

Dalam pemberitaan detikcom sebelumnya, Triumph Motorcycles dan Bajaj Auto sudah mengumumkan akan melahirkan motor bersama-sama di India. Mesin yang lebih kecil sudah dipastikan akan menjadi langkah mereka.

Motor kolaborasi Triumph dan Bajaj ini dikatakan akan memiliki bekal mesin mulai 250cc-750cc, dan akan mulai dijual pada 2022. Tentu motor ini wajib ditunggu kehadirannya, karena motor ini dikatakan tidak hanya akan dipasarkan untuk pasar India, melainkan akan ikut dipasarkan di pasar Asia.

Bajaj dan TriumphBajaj dan Triumph Foto: Istimewa

Dalam pemberitaan detikcom sebelumnya, pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj Auto, sepakat menjalin kerja sama dengan Triumph Motorcycles, produsen roda dua asal Inggris. Keduanya kemungkinan akan menggarap motor retro klasik calon pesaing Royal Enfield.

Diberitakan Financial Express, Bajaj Auto dan Triumph Motorcycles akan mengumumkan aliansi mereka pada 24 Januari mendatang. Diskusi kolaborasi antara kedua pabrikan itu telah berlangsung sejak lama. Pada Agustus 2017 lalu, mereka mengatakan akan menjalin kemitraan global.

Diprediksi, Bajaj dan Triumph akan bekerja bersama untuk membawa beberapa motor baru, terutama untuk kelas menengah. Dengan kemitraan tersebut, kedua merek ini akan mendapatkan manfaat dari keahlian masing-masing di bidang yang berbeda.

Misalnya, Triumph akan mendapat keuntungan dari jangkauan audiens Bajaj yang lebih luas, terutama di pasar negara berkembang. Pabrikan Inggris itu juga bisa memanfaatkan tenaga kerja yang relatif lebih murah hingga membuat harga motornya lebih bersaing. Di sisi lain, Bajaj Auto bisa menggarap motor di segmen yang baru, di atas KTM dan Husqvarna.

Untuk saat ini belum ada informasi detail mengenai produk kolaborasi Triumph dan Bajaj. Namun kemungkinan, keduanya bakal menghadirkan motor kelas menengah yang menantang Royal Enfield.



Simak Video "Miniatur Bajaj yang Unik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com