Jumat, 24 Jan 2020 17:47 WIB

Harley-Davidson Produksi Mesin Terbesar dalam Sejarah, 2.147 cc!

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Harley-Davidson
Milwaukee -

Sudah tidak asing memang merek Harley-Davidson membuat mesin-mesin berkubikasi 'monster' sebagai dapur pacunya. Bahkan baru-baru ini Harley membangun sebuah mesin baru berkubikasi 2.147 cc atau disebut The Screamin Eagle 131 Crate Engine yang mana menjadi mesin terbesar buatan Harley-Davidson sepanjang sejarah.

Mesin ini dapat dibeli secara terpisah dan juga akan mengisi dapur pacu dari motor model tahun 2017 ke atas serta Harley-Davidson Touring. Mesin bongsor untuk motor ini memiliki rasio kompresi 10:7:1 ditambah injektor bahan bakar yang dapat menenggak bahan bakar sebanyak 5,5 gram per detik.

Konfigurasi mesinnya masih mempertahankan stroke 4,5 inci, silinder bore 4,31 inci, throttle body 54mm, dan camshaft tinggi untuk mengangkut tenaga lebih besar. Mesin ini dikaitkan dengan knalpot Street Canon hingga menghasilkan torsi sebesar 131 dan tenaga sebesar 121 hp. Mesin ini cocok untuk Harley-Davidson Touring dengan oil-cooled atau twin-cooled Milwaukee 8. Mesin tidak cocok untuk motor-motor Trike.

"Pelanggan yang mencari adrenalin menginginkan tenaga dan torsi yang mendebarkan. Mesin The Screamin Eagle 131 Crate Engine menghasilkan hal itu," kata Manajer Produk Harley-Davidson, James Crean.

Mesin baru ini tentu juga dapat ditingkatkan lagi menggunakan barang dari aftermarket. Tentunya hal ini akan menghanguskan garansi pabrik yang ditawarkan Harley-Davidson dalam paket penjualannya.

Untuk harganya Harley-Davidson menawarkan mesin ini dengan label harga USD 6.195 atau sekitar Rp 84 juta untuk tipe oil-cooled. Sementara itu untuk yang twin-cooled dibanderol dengan harga USD 6.395 atau setara Rp 87 juta.

Harley-Davidson Produksi Mesin Terbesar dalam Sejarah, 2.147 cc!


Simak Video "Nike dan Harley-Davidson Limbung Akibat Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com