Rabu, 22 Jan 2020 16:51 WIB

Penjualan Motor di RI 6 Juta Unit, di Jepang Cuma 300 Ribu Unit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Anak Motor Jepang Rayakan Halloween. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Di Indonesia, penjualan motor pada tahun lalu mencapai 6.487.460 unit. Angka itu jauh lebih besar ketimbang penjualan sepeda motor di negara prinsipal mayoritas merek sepeda motor di Indonesia, yaitu Jepang.

Di Jepang, penjualan motor jauh dari angka jutaan unit. Berdasarkan data yang dilansir Motorcycles Data, penjualan sepeda motor di Jepang pada 2019 lalu menyentuh titik terendahnya dalam 50 tahun terakhir. Pada 2019, Jepang hanya bisa melego 382.913 unit sepeda motor. Angka itu turun 1,7% dari pencapaian tahun sebelumnya.

Angka 382.913 unit setahun tentu sangat jauh dibandingkan Indonesia yang sudah lebih dari 6 juta unit setahun. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di dalam negeri sebulan bisa mencapai 500 ribuan unit.

Orang Jepang memang tidak terlalu menyukai sepeda motor. Beberapa kali detikcom berkunjung ke Jepang sangat jarang warganya yang menunggangi sepeda motor. Kalau ada paling cuma di akhir pekan saat konvoi bareng komunitas. Atau, hanya pengguna skuter kecil untuk mengantar barang dan sebagainya.

Ping Tjuan, salah seorang pemandu wisata yang puluhan tahun tinggal di Jepang beberapa waktu lalu bilang bahwa orang Jepang lebih memilih mengayuh sepeda ketimbang membetot gas sepeda motor. Setidaknya sepeda itu digunakan untuk menuju stasiun terdekat, baru disambung naik kereta atau transportasi umum lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com