Selasa, 21 Jan 2020 10:48 WIB

Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Sudah Lewati 100 Juta Unit!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pemotor di jalanan ibukota Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jumlah kendaraan motor atau roda dua di Indonesia sudah melebihi 100 juta unit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), per tahun 2017 saja ada 113.030.793 unit kendaraan roda dua.

Meski angkanya sudah menembus 100 juta, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman menilai, penjualan motor di Indonesia belum mencapai angka jenuh, dimana tidak akan ada lagi pertumbuhan jumlah kendaraan. Karena jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 260 juta, masih banyak yang belum pakai motor.




"Saya rasa saturation-nya saat penjualan motor per tahun mencapai 9 juta," ujarnya di Jakarta.

Sebagai perbandingan, saat ini penjualan motor per tahun di Indonesia mencapai angka 6 jutaan. Jadi menurut Loman masih ada peluang untuk pertumbuhan sepeda motor di Indonesia.

Meski dia mengakui beberapa daerah, pertumbuhan populasi roda dua sudah cukup jenuh. Bali misalnya, di sana 1 orang sudah memiliki 1 kendaraan. Yogyakarta juga sudah cukup banyak populasi kendaraannya, tapi peluang untuk roda dua masih ada.

Sebelumnya Loman mengatakan, penjualan sepeda motor pada tahun lalu mencapai 6.487.460 unit atau tumbuh tipis di kisaran 1,6%. Tahun ini penjualan motor juga tidak terlalu jauh berbeda.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa sama dengan tahun lalu, itu sudah bagus," ujar

Simak Video "Korban Corona, Mobil yang Tergadai"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com