Kamis, 16 Jan 2020 13:46 WIB

Motor Listrik Lewati Banjir Tak Masalah

Rizki Pratama - detikOto
Pameran Motor Listrik di Kantor PT Perusahan Listrik Negara (PLN) Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Banjir awal tahun 2020 di Jakarta dan sekitarnya menelan banyak korban kendaraan bermotor. Alhasil kendaraan harus melakukan perawatan khusus dan akan semakin berat apabila air masuk ke dalam mesin.

Rendaman banjir ini ternyata tidak mengganggu kinerja dari motor listrik. Sistem penggerak motor listrik terdiri dari baterai, dinamo, dan controller. Dua komponen terakhir yang disebutkan tak terkena dampak buruk air. Sementara itu baterai aman selama kemasannya rapat.



"Kalau dinamo nggak masalah controller juga nggak masalah. Yang masalah baterai rakitan kita (motor biasa yang sudah dimodifikasi menjadi motor listrik) kurang kedap, tapi kelas Viar, Gesits atau Selis itu baterainya sudah sealed rapet. Mereka nggak ada masalah," kata Anggota Aktif Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (Kosmik), Hendro saat ditemui di pameran modifikasi motor listrik PLN di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.



Hendro bahkan cukup yakin bahwa paket baterai listrik buatan tangan profesional cukup baik. Berbeda dengan baterai buatan modifikator yang terbatas dan tidak memiliki standar legal.

"Kalau yang pabrikan sangat aman saya berani jamin, kalau yang rakitan nggak profesional. Kalau mereka otomatis sudah SNI ISO dan ada standarisasinya," ujarnya.

Bahkan di dalam baterai pun untuk lebih aman lagi juga ditambahkan dengan lapisan sejenis resin. "Kalau pabrikan baterainya sudah dicor pakai resin," tutup Hendro. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com