Senin, 13 Jan 2020 14:12 WIB

Aturan Lampu Motor Harus Nyala Minim Manfaat? Ini Studinya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lampu motor. Foto: Rangga Rahadiansyah Lampu motor. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Eliadi Hulu dan Ruben Saputra keberatan dengan kewajiban menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari. Keberatan itu dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keberatan dua mahasiswa tersebut menuai pro dan kontra. Tak sedikit warganet yang menganggap bahwa kewajiban menyalakan lampu utama sepeda motor saat siang hari minim manfaat.



Sebenarnya kewajiban menyalakan lampu untuk sepeda motor di sepanjang hari bukan hanya ada di Indonesia. Banyak negara di dunia mewajibkan sepeda motor menyalakan lampu utama siang-malam. Alasannya adalah keselamatan.

Buku World Report on Road Traffic Injury Prevention (2004) yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengutip beberapa penelitian di berbagai negara yang menyimpulkan bahwa menyalakan lampu sepeda motor di siang hari bisa menurunkan angka kecelakaan terkait masalah visibilitas.



Disebutkan, penggunaan lampu di siang hari oleh kendaraan bermotor roda dua telah mengurangi kecelakaan terkait visibilitas di beberapa negara antar 10% hingga 16%. Dalam sebuah studi di 14 negara bagian di Amerika Serikat, aturan mewajibkan sepeda motor menyalakan lampu utama dapat mengurangi kecelakaan fatal di siang hari sebesar 13%.

Di Eropa, pengendara sepeda motor yang menyalakan lampu utama di siang hari memiliki tingkat kecelakaan sekitar 10% lebih rendah daripada pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu. Di Austria, lampu di sepeda motor mengurangi kecelakaan sepeda motor di siang hari sekitar 16%.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com