Kamis, 02 Jan 2020 11:17 WIB

Motor Ini Nggak Bakal Tenggelam Saat Banjir

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Tak terhitung berapa kendaraan bermotor terpaksa terendam dalam banjir yang melanda Jabodetabek awal tahun 2020 ini. Ada yang mungkin rusak atau hilang terseret derasnya arus banjir.

Tampaknya hal itu tak berlaku untuk motor amfibi yang dirancang oleh Gibbs. Sebuah skuter bongsor yang didesain berbentuk jetski ini disebut dengan Biski. Saat di jalan berfungsi seperti biasa dan dalam beberapa detik saja dapat langsung mengarungi air menjadi sebuah jetski.



Biski menggendong mesin BMW K1300 inline berkapasitas 1.293cc, mesin skuter ini akan mampu menyemburkan 55 tenaga kuda dan mampu membawa lari motor ini hingga kecepatan 136 km/jam di atas aspal. Sementara untuk kemampuan airnya di sokong oleh jet air bertenaga di belakang untuk mendorongnya. Di atas air Biski bisa melesat dengan kecepatan 60 km/jam.

Motor jetski ini dapat mengambang berkat rancangan khusus yang membuatnya tak dapat tenggelam atau terbalik saat di atas permukaan air. Di atas air kedua ban dapat ditarik hanya dengan menekan sebuah tombol yang terletak di setang bagian kanan. Tentunya jika ada ban di depan saat di air akan mengurangi kemampuan manuvernya, oleh karena itu ada fitur tersebut diaplikasikan.



Meski bentuknya bongsor, motor ini tidak seberat kelihatannya. Berkat bahan karbonnya, berat badan Biski cuma 226 kg.

Motor ini sesungguhnya masih dalam tahap purwarupa dan belum diproduksi massal. Namun melihat dari video yang diunggah, kemampuan motor ini cukup menjanjikan apalagi di saat banjir seperti ini ya, detikers?

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Kawasan Mangga Dua Banjir Usai Diguyur Hujan Deras"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com