Touring ke Mekah Pakai Motor, Siapkan Dokumen Perjalanan Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 31 Des 2019 20:14 WIB
Touring ke Mekah Foto: Instagram @jejakpalmarjambi
Jakarta - Melakukan perjalanan lintas negara menggunakan motor berpelat Indonesia tentu perlu mempersiapkan segalanya. Termasuk dokumen perjalanan, seperti yang dilakukan Lilik Gunawan berhasil menginjakkan kakinya di kota Suci, Mekkah.

Lilik berbagi pengalaman ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan selain identitas pribadi, Paspor dan Visa.


Pertama, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk membuat paspor juga bagi kendaraan Anda.

"Carnet untuk dokumen motor yang diterbitkan untuk IMI, kemudian kita juga perlu memiliki SIM Internasional," kata Lilik kepada detikcom, Selasa (31/12/2019).


Ya, Carnet De Passages En Douane (CdP) atau paspor untuk kendaraan, kini dapat Anda urus di sekretariat Ikatan Motor Indonesia (IMI). Di Indonesia IMI mendapat otorisasi dari Federasi Mobil Internasional dan Federasi Motor Internasional untuk mengeluarkan dokumen tersebut.

Dokumen berwarna kuning tersebut telah diresmikan dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 533/KM.4/2015 yang menunjuk IMI sebagai penerbit dan penjamin CPD.

Untuk diketahui Lilik Gunawan baru saja menuntaskan touring panjang Indonesia - Mekah selama 8 bulan. Perjalanan bertema Ride For Moms (RFM) ini ia lakukan bersama sang anak, Achmadi Balda, dengan mengendarai Yamaha Nmax.



Simak Video " Lebih Agresif! Ini Dia Tampang Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)