Rabu, 25 Des 2019 13:01 WIB

Inovasi Baru Baterai Kendaraan Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Kendaraan listrik Foto: Pool (Rideapart)
Jakarta - Dalam menunjang perkembangan dan pertumbuhan kendaraan listrik para ilmuwan terus melakukan temuan-temuan mutakhir. Selain itu tentu juga penelitian untuk mencari solusi masalah yang telah ada juga kerap dilakukan seperti masalah pada baterai lithium-ion saat ini.

Sebelumnya Penn State University menemukan sebuah masalah besar pada pengisian cepat baterai lithium. Masalah tersebut dapat timbul ketika menyambung dan melepaskan arus listrik antara baterai dan soket pengisian. Pada momentum tersebut muncul dendrit yang menyebabkan terjadinya hubungan pendek atau korsleting sehingga dapat merusak baterai.



Pada Konferensi Tingkat Tinggi Industri Bahan Nanoaugmented 2019 di Kyoto, Jepang, para ilmuwan dari 31 negara berkumpul untuk membahas solusinya penggunaan nanotube karbon untuk mencegah pertumbuhan dendrit itu.

Profesor Jonathan Coleman di Trinity College di Dublin yang bekerja sama dengan Nokia, telah menerapkan graphene nanotube untuk melampaui target industri saat ini mencapai kepadatan energi 300 watt-jam per kilogram baterai. Untuk melakukan ini, ia menggunakan nanotube graphene di tempat bahan pengikat dan konduktif yang biasa dalam menciptakan baterai, untuk mencapai kepadatan energi yang diklaim 400 Wh per kg tanpa dendrit.



Seperti yang dijelaskan oleh tim peneliti dari Rice University pada tahun 2018, baterai logam lithium dapat menjadi jawaban untuk masalah kepadatan dendrit dan energi. Hal ini dapat diaplikasikan dengan membuat lapisan nanotube karbon tipis kemudian dilapisi logam lithium sebagai menghambatnya supaya pertumbuhan dendritik dapat ditahan. Ini memungkinkan proses isi ulang baterai lebih efisien.

Graphene adalah sejenis karbon yang biaya produksinya murah. Selain itu senyawa itu juga sangat ringan dan sangat kuat. Bahkan sebagai orang awam, tidak sulit untuk memahami mengapa jenis karbon ini akan menarik bagi siapa pun di industri.

Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com