Selasa, 03 Des 2019 21:25 WIB

Adu Fitur Yamaha Nmax Vs Honda ADV 150 dan PCX 150

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha Nmax 2020 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Yamaha Nmax terbaru meluncur kemarin. Beragam pembaruan hadir di Yamaha Nmax. Tak cuma tampang, bahkan Yamaha Nmax 2020 mendapat banyak fitur baru.

Yamaha Nmax akan menantang skutik bongsor bermesin 150 cc lainnya, seperti Honda ADV 150 sampai Honda PCX 150. Setelah spesifikasi dan desain, fitur pada motor bisa juga menjadi pertimbangan. Yuk kita bandingkan.



Dimulai dari Yamaha Nmax yang baru saja meluncur kemarin. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperbarui fitur-fitur canggih di Yamaha Nmax.

Yamaha Nmax kini sudah punya fitur Stop & Start System. Stop & Start System berfungsi menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap irit. Jadi pada saat motor berhenti, mesin akan mati, begitu gas diputar secara otomatis mesin akan menyala kembali.



Selain Stop & Start System, mesin Yamaha Nmax 155 terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG). Fitur Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.



Apalagi, Yamaha Nmax juga sudah dilengkapi dengan Traction Control System (TCS) khusus All New Nmax 155 Connected/ABS version. Traction Control System adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Seperti kompetitornya, Yamaha Nmax sudah dilengkapi fitur Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Tapi, tak semua tipe Nmax punya fitur itu. Fitur Keyless hanya ada di Nmax Connected/ABS Version.



Fitur lainnya, All New Nmax 155 ini telah dibekali Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget pengendara. Seperti model sebelumnya, Yamaha Nmax sudah memiliki Dual Channel ABS yaitu sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel untuk roda depan dan belakang (khusus All New Nmax 155 Connected/ABS version).

Yang paling baru adalah konsep "Connected" yang memungkinkan Nmax terhubung dengan ponsel. Diwujudkan melalui teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Ada beberapa fungsi yang bisa didapat di ponsel oleh pengguna Yamaha Nmax. Seperti Parking Location, Phone & Message Notification, Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), Fuel Consumption sampai malfunction notification.

Soal akomodasi, belum ada informasi lebih lengkap soal Nmax. Namun disebutkan, Yamaha Nmax memiliki bagasi luas yang dapat menyimpan helm full face ukuran XL. Yamaha Nmax terbaru juga sudah dilengkapi dengan electric power socket untuk mengisi ulang daya gadget pengendara.

Adu Fitur Yamaha Nmax Vs Honda ADV 150 dan PCX 150Foto: Luthfy Syahban




Beralih ke Honda ADV 150, motor ini juga memiliki Idling Stop System (ISS) yang fungsinya seperti SSS pada Nmax, dan ACG (Alternating Current Generator) Starter untuk menyalakan mesin lebih halus (seperti SMG pada Nmax).

Honda ADV 150 dari lahirnya sudah dibekali dengan kunci keyless. Untuk mengisi daya gadget pengendara juga sudah tersedia power charge di dalam console box sebelah kiri. Untuk akomodasi, Honda ADV 150 dilengkapi bagasi dengan volume 28 liter yang bisa digunakan untuk memasukkan helm dan barang-barang lainnya.



Khusus tipe ABS, Honda ADV 150 sudah dilengkapi dengan rem anti lock braking system (ABS) di roda depan. Selain itu, Honda ADV 150 sudah memiliki fitur combi brake system (CBS), jadi bisa ngerem pakai tuas sebelah kiri saja dan rem depan-belakang tetap berperan.

Uniknya, Honda ADV 150 mempunyai fitur yang mirip seperti moge. Namanya Electronic Stop Signal atau disingkat ESS. Fitur itu ada di Honda Gold Wing. Fungsi ESS sendiri adalah memberikan peringatan lebih awal pada pengendara di belakang ketika rem mendadak. Fitur ini aktif ketika motor di atas kecepatan 56 km/jam melakukan pengereman.

Selain itu, Honda ADV 150 dibekali windscreen yang bisa disesuaikan ketinggiannya. Ada dua pengaturan ketinggian pada windscreen Honda ADV 150.

Honda ADVHonda ADV Foto: Rifkianto Nugroho




Lanjut ke Honda PCX. Sebenarnya fitur-fitur pada Honda PCX 150 tak jauh berbeda dengan Honda ADV 150. Honda PCX 150 memiliki ISS dan ACG Starter.



Ada juga fitur kunci keyless dan power charge untuk mengisi ulang daya baterai ponsel. Bagasi Honda PCX 150 seluas 28,8 liter yang muat untuk menyimpan helm dan barang lainnya. Namun, Honda PCX tak memiliki ESS seperti honda ADV 155.

Khusus tipe ABS-ISS, Honda PCX 150 juga memiliki rem anti lock braking system (ABS) di roda depan. Selain itu, Honda PCX 150 sudah memiliki fitur combi brake system (CBS), sama seperti Honda ADV 150.

Adu Fitur Yamaha Nmax Vs Honda ADV 150 dan PCX 150Foto: Dok. Astra Honda Motor
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com