Selasa, 03 Des 2019 07:38 WIB

Round-Up

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 Jutaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Yamaha telah meluncurkan Nmax terbaru. Skuter matik (skutik) berdesain bongsor itu akhirnya mendapat penyegaran total setelah hampir 5 tahun mengaspal di jalanan Indonesia.

Banyak perubahan pada Yamaha Nmax 2020 terbaru ini. Mulai dari desainnya yang lebih segar, teknologi yang lebih canggih hingga fiturnya yang semakin melimpah.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho




Peluncuran Yamaha Nmax 2020 dilangsungkan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Peluncuran Nmax bahkan dihadiri oleh pebalap andalan Yamaha di MotoGP, Maverick Vinales. Ada juga pebalap Yamaha lainnya seperti Michael Van Der Mark. Selain Nmax, Yamaha juga meluncurkan dua motor baru lainnya, yaitu Yamaha XSR 155 dan Yamaha WR 155R.

Soal Yamaha Nmax, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang belum merilis harga resminya. Namun, Yamaha sudah membocorkan perkiraan harga dari Nmax. Berapa? Simak ulasannya berikut.



Harga Belum Pasti, Perkiraan Rp 30 Juta

Dijelaskan Executive Vice President and COO YIMM, Dyonisius Beti, banderol Yamaha Nmax belum dipastikan.

"Nmax baru akan tersedia beberapa bulan mendatang, tahun 2020 nanti. Harga pun belum fix. Perkiraannya sekitar Rp 30 jutaan," terang Dyon, di Kemayoran, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Yamaha


Untuk diketahui, banyak yang baru di Yamaha Nmax ini. Yang paling kentara adalah lampu depannya. Terlihat lampu depan Yamaha Nmax terbaru ini tampil lebih tajam ketimbang Nmax yang sebelumnya. Lampu seinnya juga tampak sedikit berbeda.



Selain itu, layar speedometer Yamaha Nmax terbaru ini tampak lebih baru. Yamaha Nmax tetap menggunakan speedometer digital.

"Jujur saja, kami Yamaha Indonesia Motor Mfg sangat menunggu momen ini. Karena tepat di hari ini, akhirnya kami dapat mengumumkan model - model baru kami yang kehadirannya begitu penting untuk tahun 2020. Saya yakin Anda akan sangat bersemangat. Saya yakin konsumen Indonesia akan sangat senang. Dan saya yakin trend baru akan hadir di pasar mulai tahun depan," ungkap Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).



Banyak yang Baru di Yamaha Nmax

Berbagai perubahan dialami skuter matik (skutik) bongsor andalan Yamaha tersebut. Apa saja?

Pertama dari segi desain. Yamaha Nmax terbaru ini memiliki lampu depan LED baru. Desain lampu depan itu mewarisi DNA Max Series. Tampang Yamaha Nmax dengan lampu depan desain baru ini tampil lebih agresif.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho


Lampu belakang juga memiliki desain baru. Motor ini menggunakan lampu-lampu LED yang memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama. Ada juga lampu hazard yang berfungsi untuk memberi tanda dalam situasi darurat. Body bagian samping juga tampak mendapat pembaruan.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho


Yamaha Nmax kini dilengkapi fitur Handlebar Switch Control yang memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan setting pada speedometer dengan tombol pengatur yang berada di setang sebelah kiri.

Desain speedometer Yamaha Nmax ikut kena penyegaran. Multifunction Full Digital Speedometer tersebut tampil lebih modern dan informatif bagi pengendara. Informasinya lebih lengkap. Bahkan kini dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) App, Pesan & Telepon, TCS, VVA dan indikator temperatur mesin.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho


Desain body All New Nmax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang diklaim lebih nyaman. Sasis yang didesain rigid menghasilkan kenyamanan berkendara dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Yamaha Nmax ditawarkan dengan pilihan warna yang premium, termasuk edisi MAXI Signature yang menonjolkan warna hitam matte beraksen emas. All New Nmax 155 ini mempunyai dua versi yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax 155 Standard. All New Nmax 155 Connected/ABS terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Yamaha


Yamaha Nmax menggunakan mesin 155 cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Bedanya, Nmax kini sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Salah satunya adalah Stop & Start System.

Stop & Start System berfungsi menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap irit. Jadi pada saat motor berhenti, mesin akan mati, begitu gas diputar secara otomatis mesin akan menyala kembali.

Selain Stop & Start System, mesin Yamaha Nmax 155 terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG). Fitur Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15.

All New NMAX 155 semakin lengkap dengan Traction Control System (TCS) khusus All New Nmax 155 Connected/ABS version. Traction Control System adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho


Mungkin banyak yang menganggap selama ini Nmax menjadi salah satu motor incaran maling. Yamaha kini punya solusinya. Yamaha Nmax sudah dilengkapi fitur Smart Key System (khusus Connected/ABS Version) yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless).

Fitur lainnya, All New Nmax 155 ini telah dibekali Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget pengendara. Seperti model sebelumnya, Yamaha Nmax sudah memiliki Dual Channel ABS yaitu sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel untuk roda depan dan belakang (khusus All New Nmax 155 Connected/ABS version). Meski sudah diperlihatkan, Yamaha belum merilis harga motor Nmax.



Lebih Canggih, Bisa Terkoneksi ke HP

Tak cuma tampang dengan lampu depan yang baru, Yamaha juga menyematkan fitur-fitur canggih di Nmax terbaru ini.

Salah satunya adalah kemampuan Yamaha Nmax terkoneksi dengan ponsel. Konsep "Connected" ini merupakan yang pertama di Indonesia (untuk motor buatan Indonesia). Diwujudkan melalui teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Harga Yamaha Nmax Terbaru Rp 30 JutaanFoto: Rifkianto Nugroho


Ada beberapa fungsi yang bisa didapat di ponsel oleh pengguna Yamaha Nmax. Yang pertama, ada fungsi Parking Location. Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone).

Selanjutnya adalah Phone & Message Notification. Ketika ada panggilan telepon atau pesan/email masuk ke ponsel, terdapat notifikasi yang bisa ditampilkan di layar speedometer.

Kemudian, Yamaha Nmax terbaru ini bisa mengingatkan pemiliknya untuk melakukan perawatan motor. Berkat fungsi Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), pengguna bisa mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.

Selain itu, fungsi lain dari Communication Control Unit (CCU) antara lain Fuel Consumption yang membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara dan Malfunction Notification yang memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.



Spesifikasi Teknis Yamaha Nmax

Yamaha Nmax terbaru resmi meluncur. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kejutan di penghujung tahun 2019 dengan meluncurkan Nmax terbaru.

Banyak perubahan pada Yamaha Nmax 2020 ini. Tak cuma tampang, fitur dan spesifikasi Nmax juga berubah.

Secara dimensi, Yamaha Nmax terbaru memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Berbeda dengan Nmax sebelumnya yang punya dimensi P x L x T 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm.

Jarak sumbu rodanya sedikit lebih pendek. Yamaha Nmax terbaru punya jarak sumbu roda 1.340 mm sementara sebelumnya 1.350 mm. Jarak terendah ke tanah juga berkurang yang sebelumnya 135 mm kini menjadi 124 mm. Sedangkan tinggi tempat duduk tetap 765 mm.

Yamaha Nmax 155 Connected/ABS memiliki berat 132 kg. Sementara versi standar beratnya 130 kg. Yang menarik, tangki bahan bakar minyak Yamaha Nmax terbaru kini lebih besar. Jika sebelumnya tangki Nmax cuma 6,6 liter, kini kapasitasnya naik menjadi 7,1 liter.

Soal mesin, Yamaha Nmax menggendong mesin 4 tak, SOHC, berpendingin cairan 155 cc satu silinder dengan diameter X langkah 58 mm X 58,7 mm. Perbandingan kompresinya 11,6:1.

Tenaganya sedikit mengalami peningkatan. Yamaha Nmax terbaru punya tenaga maksimal 11,3 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Sebagai pembanding, Yamaha Nmax sebelumnya memiliki tenaga 11,1 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimal 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Yamaha Nmax 2020 masih menggunakan tipe rangka underbone dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang unit swing. Ukuran bannya pun tetap sama, yaitu 110/70-13 untuk ban depan dan 130/70-13 untuk ban belakang. Kedua bannya sudah tubeless.

Untuk daya pengereman, terdapat rem cakram di depan dan belakang. Khusus Yamaha Nmax 155 Connected/ABS sudah dibekali ABS dual channel depan-belakang.

Simak Video " Lebih Agresif! Ini Dia Tampang Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com