Senin, 11 Nov 2019 08:50 WIB

Setelah PCX, Honda Siapkan Motor Listrik Baru untuk Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Honda PCX Electric. Foto: Pradita Utama Honda PCX Electric. Foto: Pradita Utama
Valencia - Pemerintah sudah mengumumkan akan memangkas pajak kendaraan listrik termasuk motor listrik pada 2020. Langkah tersebut disambut baik PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) motor Honda di Indonesia.

Bahkan Honda menyatakan tengah mempersiapkan motor listrik generasi terbaru di Indonesia setelah Honda resmi memperkenalkan Honda PCX listrik di Indonesia beberapa waktu lalu. Hal ini langsung disampaikan Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma, di Valencia, Spanyol.



"Kami menyambut baik langkah pemerintah tersebut. Dan kami tengah mempersiapkan generasi terbaru dari motor listrik. Tapi kapan, model apa yang kami siapkan dan berapa harganya, saya tidak bisa beri tahukan saat ini," ucap Inuma.

Inuma menambahkan, Honda terus mempelajari model listrik apa saja yang cocok untuk pasar Indonesia. Bahkan termasuk motor listrik sport.

"Motor sport elektrik? Tentu RnD kami terus mempelajari motor listrik, baik matik hingga motor sport. Tapi itu bukan menjadi satu-satunya masa depan motor listrik (motor listrik sport-Red)," ujar Inuma.



Namun, lanjut Inuma, motor listrik masih memiliki PR besar untuk bisa berkembang, selain baterai dan infrastruktur.

"Kami memiliki data mengenai tenaga yang kurang. Motor listrik itu yang menjadi kendala konsumen motor listrik itu 4 kilowatt (tenaga yang ditawarkan-Red). Sekarang 150cc (motor dengan mesin berkapasitas 150cc-Red) sudah menjadi standar (pencinta sepeda motor di Indonesia-Red). Dan motor listrik masih di bawah itu (performanya-Red)," katanya.

Dan Inuma memberikan contoh PCX listrik yang sudah dirasakan pencinta otomotif di Indonesia, berkat performa yang ditawarkannya.

"Kamu tahu Honda PCX listrik, itu tidak dikomplain sama konsumen di Indonesia. Dan saat ini sudah digunakan oleh Gojek. Tenaga ada, dan lembut," ujarnya.

Simak Video "Pakai Motor Listrik, PLN Aceh Inspeksi Aset"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com