Jumat, 01 Nov 2019 14:53 WIB

Pemotor Kangkangi Pembatas Busway Kurang Edukasi

Rizki Pratama - detikOto
Foto: pool @jktinfo Foto: pool @jktinfo
Jakarta - Sangat disayangkan sekali semakin banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia tak diiringi dengan edukasi. Alhasil kesemrawutan dan pelanggaran berjamaah tak dapat dihindari hingga aparatur penegak hukum tak dapat berbuat banyak.

Salah satu fenomena pelanggaran lalu lintas yang kerap menjadi pemandangan sehari-hari adalah penggunaan jalur tidak sesuai tempatnya. Jalur busway sampai jalur pejalan kaki tak dapat toleransi dari para pengendara sepeda motor.

"Bukti lemahnya kesadaran pengguna jalan untuk tertib berlalu-lintas , adanya gap edukasi tentang keselamatan berkendara selepas pemilik kendaraan memiliki izin mengemudi," kata Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom.



Andry juga merasa perlunya tindakan tegas untuk memberikan efek jera pada segerombolan pemotor yang tidak taat tersebut, "Ada kebutuhan tindakan tegas petugas dalam mengurangi jumlah pelanggar ketertiban berlalu-lintas," timpalnya.



Selain usaha dari penegak hukum dalam hal ini Polisi Lalu Lintas, para pengendara sepeda motor juga enggan mencari tahu betapa pentingnya berkendara aman. Alhasil tingkah-tingkah berbahaya dalam berkendara akan menghasilkan resiko bahaya pada diri sendiri dan sekitarnya. Tak jarang pula usaha pelanggaran demi kepentingan diri sendiri itu berujung pada tindakan anarkisme seperti perusakan fasilitas umum

"Minimnya keinginan pengguna jalan dalam menggali ilmu keselamatan berkendara dimana pada video tersebut tindakan merugikan banyak pihak dan berpotensi mencelakakan diri mereka sendiri. Adanya tindakan anarkis yang berpotensi merusak fasum (fasilitas umum) dengan alasan tidak ingin ditilang," pungkas Andry.

Simak Video "Razia di Bulan Ramadhan, Ditilang Polisi Sorban hingga Dapat Ceramah Ustaz"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com