Minggu, 20 Okt 2019 13:10 WIB

Lihat Lagi Moge Para Pengawal Presiden dan Wakil Presiden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rombongan Mobil Presiden. Foto: Agung Pambudhy Rombongan Mobil Presiden. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Pelantikan berlangsung di Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta.

Menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan mendapat pengawalan ketat. Di perjalanan darat, keduanya juga akan dikawal oleh Paspampres yang menunggangi beberapa kendaraan bermotor.

Pengawalan Presiden dan Wakil Presiden biasanya akan ada iring-iringan kendaraan. Di dalamnya, ada beberapa motor gede (moge) yang ditunggangi Paspampres untuk mengawal orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia tersebut.



Biasanya, iringi-iringan presiden dibuka oleh beberapa moge Paspampres. Di depan, lima unit moge akan membuka barisan iring-iringan Presiden dan Wakil Presiden.

Moge yang membuka jalan itu adalah Honda Gold Wing GL1800. Honda Gold Wing GL1800 yang digunakan itu adalah generasi kelima yang mengalami update di tahun 2011.

Lihat Lagi Moge Para Pengawal Presiden dan Wakil PresidenFoto: Lamhot Aritonang


Moge Honda tersebut ditenagai mesin 1.832 cc enam silinder boxer SOHC dengan PGM-FI. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 118 daya kuda dengan torsi maksimal 167 Nm.

Motor itu punya transmisi manual lima percepatan. Uniknya, seperti sebuah mobil, motor ini punya gigi mundur. Jadi, pengendaranya tak perlu repot mengerahkan tenaga untuk memundurkan motor.



Moge lain selain Honda Gold Wing yang digunakan untuk membuka jalan ada Yamaha FZ1. Moge Yamaha FZ1 berupa motor naked streetfighter berkelir hitam yang garang digunakan oleh Tim Penyelamatan Paspampres (Tim Matan). Tim Matan biasanya mengiringi tepat di samping kiri-kanan mobil Presiden dan Wakil Presiden. Satu anggota mengendarai moge, satu lagi duduk sebagai pembonceng berjaga sambil memegang senjata.

Tim Matan mengawal tepat di kiri-kanan mobil kepresidenan. Tim Matan mengawal tepat di kiri-kanan mobil VVIP. Foto: Agung Pambudhy


Yamaha FZ1 merupakan moge bergaya streetfighter. Di Indonesia, motor ini tidak dijual sembarangan, melainkan khusus untuk Paspampres.

Yamaha FZ1 tunggangan Tim Matan Paspampres menggendong mesin empat tak, empat silinder, DOHC lima katup per silinder. Kapasitas bulat mesin itu mencapai 998 cc.

Mesin gede dengan konfigurasi empat silinder menawarkan suara khas yang gahar. Mesin 1.000 cc tersebut mampu menyemburkan tenaga sekitar 150 daya kuda pada 11.000 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 106 Nm pada 8.000 rpm. Bahan bakar disuplai dengan sistem injeksi.

Simak Video "Keren! Ustaz Abdul Somad Naik Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com