Jumat, 27 Sep 2019 16:15 WIB

Belum Ada Pabrikan Sediakan Motor untuk Difabel

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Mengendarai sepeda motor tidak hanya kebutuhan melainkan juga menjadi minat dan hobi. Setidaknya itu yang membuat Pangestu Sabar Budiman melakukan modifikasi pada motor agar sesuai dengan kebutuhan spesialnya.

Pria yang akrab disapa Estu ini terlahir tanpa sepasang kaki dan memiliki hobi motor yang tinggi. Hingga saat ini ia telah memiliki tiga motor dan telah disesuaikan dengan keperluannya.



"Saya mulai belajar naik motor itu pertama tahun 2010, pertama matik Mio dimodifikasi juga roda tiga. Pertama matik Mio masih ada motornya, kedua punya Jupiter MX kopling udah dijual sekarang gantinya GSX," kenang Estu

Meski begitu sampai saat ini motor untuk penyandang disabilitas baru tersedia di bengkel tertentu. Belum ada pabrikan khususnya di Indonesia yang menyediakan motor untuk orang yang memiliki kebutuhan khusus. Kalaupun ada harganya mahal dan cenderung ditujukan untuk kebutuhan umum bukan sesuai kebutuhan orang-orang tertentu.

EstuEstu Foto: Rizki Pratama


"Di pasar Indonesia belum ada. Piaggio MP3 sama Yamaha Tricity itu harganya lumayan dan itu itungannya motor roda tiga universal dalam arti nggak sesuai sama kebutuhan kita. Kalau ini baliknya ke kita custom jadi apa yang kita butuhin apa yang buat kita nyaman itu diaplikasikan ke motor," papar Estu.

Selain harus mengeluarkan biaya modifikasi pada motornya, Estu juga harus mengorbankan garansi motor karena termasuk dalam modifikasi. Seperti diketahui perubahan pada komponen motor menghilangkan garansi yang tersemat saat membelinya.



"Kalau garansi ya udahlah namanya kebutuhan. Servis selama ini masih di bengkel biasa kebetulan bengkel langganan juga paling oli sebulan 200 ribu lah. Total modifikasi habis kurang lebih Rp 15 juta," tutupnya.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com