Jumat, 27 Sep 2019 14:08 WIB

Meski Berkebutuhan Khusus, Estu Ingin Riding Keliling Nusantara

Rizki Pratama - detikOto
Estu dan motor sport Suzuki yang sudah dimodifikasi untuknya Foto: Rizki Pratama Estu dan motor sport Suzuki yang sudah dimodifikasi untuknya Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Seorang penyandang difabel, Pangestu Sabar Budmian tak dapat menahan kecintaannya pada motor. Menggunakan motor yang dimodifikasi sesuai kebutuhannya, pria yang lahir tanpa sepasang kaki ini memiliki cita-cita yang sama dengan para petualang roda dua lainnya.

Akrab dipanggil dengan nama Estu, pria ini berharap dapat mengelilingi Indonesia menggunakan sepeda motor. Mimpinya ini juga diinspirasi oleh Sri Lestari yang telah lebih dulu melakukan mimpi dari Estu.



"Pengen banget itu pengalaman banget terus jadi lebih tau daerah dan terutama nambah banyak teman. Semangat keberaniannya keliling nusantara, udah itu beliau perempuan, masa saya kalah," kata Estu saat ditemui di Kelapa Gading, Kamis (26/9/2019).

Estu sendiri sudah pernah melakukan satu perjalanan jauh menggunakan sepeda motornya. Ia sebelumnya melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya di Magelang dari Jakarta menggunakan Yamaha Mio yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhannya. Ia pun ingin melakukannya sekali lagi dengan motor sport Suzuki GSX R150 kepunyaannya saat ini.

"Saya udah pernah sekali pakai matik dari Jakarta ke Magelang sendiri. Karena saya sudah pernah sekali pakai matik dari Jakarta ke Magelang sendiri sekarang (mau) coba pakai sport," ungkap Estu.



Keinginan Estu tentu tak mudah. Lahir dengan kondisi khusus ditambah mengendarai sepeda motor bergaya sport untuk perjalanan jauh menjadi tantangan tersendiri. Selain itu ia mengaku sering kesulitan ketika melintasi jalanan yang tidak rata atau berlubang.

"Paling pegel tangan sama mungkin mohon maaf pantat agak pedes. Dikendarai mudah cuma kesulitan itu ada jalanan rusak nggak rata itu kendala sih," tukasnya.

Simak Video "Adul Masih Merangkak ke Sekolah Meski Pernah Disorot Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com