Rabu, 11 Sep 2019 14:12 WIB

Shock Breaker Honda ADV Kurang Empuk Itu Relatif

Rizki Pratama - detikOto
Honda ADV. Foto: Rifkianto Nugroho Honda ADV. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Honda ADV telah memasuki pasar Indonesia dan sudah dipakai oleh masyarakatnya. Beberapa di antaranya ada yang berpendapat motor berdesain offroad ini memiliki suspensi keras atau kurang empuk.

Pada dasarnya pendapat ini sangatlah relatif. Seperti yang dikatakan oleh Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno, dampak itu dipengaruhi oleh bobot pengendara dan penumpangnya. Sementara itu motor pabrikan tentu mengambil pilihan suspensi yang menurut kajian mereka banyak tepat untuk konsumen kebanyakan.



"Sebenarnya memang kalau pabrikan buat suspensi disesuaikan dengan umum. Jadi diambil rata-rata sehingga orang ringan ngomongnya keras kalau orangnya gemuk empuk, relatif," jelas Endro saat ditemui dalam kunjungan Pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Jika pengguna memang merasa kurang nyaman, modifikasi suspensi menjadi solusi. Tentunya suspensi pengganti harus sesuai dan diharapkan berkualitas bagus.



"Kalau ganti harus yang bisa di-adjust karena ada beberapa di aftermarket ada yang bisa di-adjust dengan catatan lebih bagus jangan di bawah itu," kata Endro.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti suspensi ADV adalah ukuran panjangnya. Perlu diingat, meski berbasis sama dengan Honda PCX, ADV memiliki ukuran suspensi yang lebih panjang.

"Panjangnya harus sama kemudian kalau memang bisa di-adjust disesuaikan dengan berat pengendara. ADV tiu shocknya lebih panjang daripada PCX. Kalau beda ukuran pengaruhnya kenyamanan dan keamanan," tukas Endro.

Shock Breaker Honda ADV Kurang Empuk Itu Relatif


Simak Video "ADV 150, Bertenaga tapi Kurang Empuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com