Sayonara! 'Motor Batman', Honda NM4 Disuntik Mati

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 30 Jul 2019 16:31 WIB
Honda NM4 Vultus. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Tokyo - Di segmen motor gede (moge) atau big bike, Honda sempat memiliki motor yang berdesain futuristik. Namanya Honda NM4. Astra Honda Motor (AHM) juga sempat menjual motor berdesain unik tersebut di Indonesia.

Namun, umur NM4 takkan lama. Disebutkan, Honda akan menyuntik mati moge tanpa tuas kopling yang bisa ganti gigi manual atau otomatis tersebut. Diberitakan Great Biker, Honda akan menyetop produksi NM4 pada September 2019 nanti.



Soalnya, peraturan emisi semakin ketat dengan standar Euro5 sehingga NM4 tak bisa diteruskan produksinya. Ini merupakan keputusan Honda di Jepang.

Motor yang sering disebut motor BatmanMotor yang sering disebut motor Batman Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto


Di Indonesia memang Honda NM4 sudah tidak dijual lagi oleh PT AHM setelah dirilis pada 2015. Sebab, permintaannya memang tidak signifikan.



Motor Honda NM4 Vultus dibuat dengan konsep desain 'Cool' atau keren, sehingga tampil unik dan futuristik. Salah satu keunikan itu adalah Dual Clutch Transmission (DCT) atau transmisi kopling ganda dengan mesin SOHC 750cc dua silinder segaris berpendingin cairan.

DCT merupakan transimisi cerdas yang memadukan perpindahan gigi otomatis dengan dua mode yakni mode D (Drive) dan mode S (Sport) maupun manual dengan 6 percepatan. Transmisi ini membuat motor responsif & kehalusan saat perpindahan gigi sehingga sangat mudah dioperasikan.

Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)