Senin, 10 Jun 2019 15:29 WIB

Usai Lebaran Harga Honda Forza Naik, Tembus Rp 81 Juta!

Dina Rayanti - detikOto
Honda Forza. Foto: Rangga Rahadiansyah Honda Forza. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Beberapa harga motor Honda mengalami kenaikan usai Lebaran. Kenaikannya pun beragam tergantung modelnya. Skutik bongsor Honda Forza si pesaing Yamaha Xmax misalnya.

Forza saat pertama kali dirilis harganya sudah terbilang tinggi dibandingkan kompetitornya Xmax. Honda pertama kali mengumumkan harga Forza pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Kala itu harga Forza mencapai Rp 76,5 juta. Lebih mahal dari Xmax yang hanya Rp 57,8 juta.


Kemudian saat harga Forza sempat mengalami kenaikan menjadi Rp 79,5 juta. Usai libur Lebaran harga Forza pun ikutan terkerek hingga tembus Rp 81,727 juta. Tak hanya Forza. Harga Xmax pun ikutan naik tetapi tidak sampai Rp 60 juta melainkan menjadi Rp 59,3 juta.

Sejak kelahirannya, harga Forza dikeluhkan beberapa kalangan karena menyebutnya kemahalan. Berbeda dengan Xmax, Forza masih didatangkan dari Thailand. Hal itulah yang disebut Honda sebagai salah satu faktor yang membuat harga Forza tinggi.

Honda sendiri sejauh ini belum berencana untuk melokalisasi Forza agar harganya lebih murah. Seperti diketahui, PCX yang dulunya dikirim dari Vietnam mengalami penurunan harga sejak diproduksi di Tanah Air.

Skutik Forza mengusung mesin berperforma tinggi di kelasnya, yakni 250 cc SOHC berpendingin cairan PGM FI. Jantung pacu ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 17,3 kW pada 7500 rpm.


Kenyamanan berkendara pada Honda Forza hadir dengan disematkannya ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang.

Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel. Fitur unggulan lain di Honda Forza 250 adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC). (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com