Jumat, 31 Mei 2019 17:15 WIB

Perjalanan Jauh, Motor Wajib Pakai Ban Tubeless

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kendati tidak disarankan karena alasan keselamatan, masih tetap banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman. Nah kalau Anda termasuk pemudik yang terpaksa menggunakan motor, sebaiknya perhatikan juga aspek keamanan dan keselamatannya.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah soal pilihan ban motor. Saat dipakai untuk perjalanan jauh, motor sebaiknya memakai ban jenis tubeless.



Menurut Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries Jimmy Handoyo, ban tubeless punya keunggulan dibanding ban tipe tube yang menggunakan lapisan ban dalam.

Ban tipe tubeless tidak langsung kempis saat bocor. Jadi Anda punya waktu untuk mencari tempat tambal ban, tanpa khawatir motor tidak bisa digunakan karena ban yang kempis.

"Lapisan inner liner pada ban tubeless berfungsi menahan udara dalam ban lebih lama, meski telah tertusuk paku atau benda tajam lain. Tidak seperti ban dalam pada ban tipe tube (yang langsung bocor)," kata Jimmy, dalam keterangan resmi.



Selain itu, untuk kenyamanan lebih saat naik motor, pilihannya bisa memakai ban ukuran per 90.

"Ban per 90 memiliki dinding ban yang lebih tinggi, sehingga punya kemampuan daya redam yang lebih baik dibanding ban ukuran per 80. Khususnya saat ban lewat jalan rusak bisa," terang Jimmy.

Ban Ukuran Per 90 dari FDR

Dahulu, rata-rata ban bawaan pabrik adalah ban ukuran per 90 tipe tube dan saat ini mulai banyak yang keluar versi tubeless-nya. Namun, bagi pemotor yang ingin mencari varian ban tubeless ukuran per 90 dengan kembangan berbeda, tidak banyak varian ban yang ditawarkan.

"Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan ada banyak permintaan agar ban FDR Spartax dibuat versi tubeless-nya terutama untuk skutik. Oleh karena itu kami buat Spartax tubeless," kata Promotion Department Head PT SRI Elsafan Rendianto.

Jika menginginkan ban dengan ukuran yang sama dengan Spartax tubeless, namun dengan kembangan berbeda, FDR juga punya pilihan lainnya yaitu Flemino, Facio, dan Facio EST yang punya tampilan retro.

Anda sudah bisa mendapatkan ban Spartax tubeless ini dengan mengunjungi booth FDR di Pekan Raya Jakarta 2019 di JIExpo Kemayoran.

Adapun ban Spartax varian tubeless yang dijual adalah ukuran 80/90-14TL dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 191.000 dan ukuran 90/90-14 TL seharga Rp 223.000.



Selama pembelian Spartax tubeless di PRJ, selain mendapatkan diskon sebesar 15% dari HET.

"Dalam waktu dekat ini kami juga akan mengeluarkan Spartax tubeless ukuran 70/90-14," ujar Rendi.

Selain Spartax Tubeless, semua ban FDR lainnya baik itu ban harian atau ban balap yang dijual di PRJ didiskon hingga 20%.

"Ada juga ukuran ban tubeless baru, yaitu Sport Zevo ukuran 100/80-14 yang dijual dengan harga eceran tertinggi Rp245.000," terangnya.

Selama periode PRJ, pembayaran yang menggunakan aplikasi Dana di booth FDR akan mendapatkan cashback 30% atau maksimal Rp 25.000 untuk setiap transaksi, dan hanya bisa mendapatkan cashback maksimal 3 kali.

Setiap pembelian ban FDR di PRJ juga pasti dapat hadiah lagsung. "Pembeli bisa mendapatkan tumbler, kaos FDR dan untuk pembelian diatas Rp 500.000 akan langsung mendapatkan merchandise eksklusif kolaborasi FDR dengan Kalibre," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed