Senin, 13 Mei 2019 20:39 WIB

198 Unit Yamaha R3 Ditarik

Rizki Pratama - detikOto
yamaha R3 Foto: Yamaha yamaha R3 Foto: Yamaha
Jakarta - Yamaha YZF-R3 berkali-kali mendapatkan masalah pada komponennya. Pada akhir Desember lalu motor ini juga baru saja direcall karena masalah kebocoran cairan pendingin transmisi. Kali ini motor bergaya sport tersebut harus dikembalikan ke tempat servis atas masalah handle rem yang ringkih.

Recall dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration dan melibatkan 198 unit motor yang diproduksi pada rentang waktu 6 February sampai 6 Maret 2019. Bahan metal handle rem dari motor ini dilapisi oleh kandungan porosit. Porosit merupakan gelembung udara yang harusnya adalah metal solid. Hal ini membuat bahan handle rem tersebut menjadi sangat mudah patah jika digunakan pada kebutuhan dan tenaga yang besar.



Kerusakan ini memang tidak memerlukan perbaikan yang rumit namun dampak dari kerusakannya bisa menyebabkan fatalitas. Bayangkan jika di saat anda benar-benar membutuhkan rem depan saat kecepatan tinggi tapi handlenya malah patah.

Handle rem yang mengalami masalah tersebut dilabeli dengan kode 'K3 9A 16' dan 'K4 9A 16'. Pemilik Yamaha R3 dengan handle rem berkode seperti itu bisa mengantarkannya ke diler atau tempat servis untuk minta penggantian secara gratis.



Sebagian orang memang sudah ada yang mengganti handle remnya dengan merek aftermarket, namun tidak ada salahnya mengganti part tersebut jika suatu saat akan menggunakan part original lagi apalagi akan dijual ke orang lain. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com