Rabu, 10 Apr 2019 18:19 WIB

Panas! Raksasa Motor Jepang Kolaborasi Buat Baterai Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: PT Astra Honda Motor Foto: PT Astra Honda Motor
Tokyo - Raksasa industri otomotif roda dua asal Jepang, Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha membangun konsorsium guna membuat teknologi baterai motor listrik universal. Hal ini dilandasi dari tujuan bersama mereka yaitu mempopulerkan penggunaan motor listrik di Jepang.

Melansir newatlas, ada beberapa hal yang jadi konsentrasi keempat produsen tersebut. Tapi fokus mereka adalah pengembangan motor listrik saat ini seperti lebih mempelajari standarisasi baterai yang biasa digunakan banyak produk motor.



Managing Executive Officer, General Manager of Motorcycle Business Division, Honda Motor Co. Ltd. Noriaki Abe mengatakan, sepeda motor listrik memerlukan solusi atas jarak tempuh, dan durasi pengisian baterai. Makanya baterai yang bisa diganti cukup efektif menjawab keresahan itu.

"Konsorsium ini terus mempelajari hal yang berpengaruh pada kenyamanan konsumen. Dan untuk langkah awal, kami menyelidikinya dengan empat motor lokal Jepang. Dengan adanya gagasan ini, penggunaan motor listrik diharapkan meningkat," katanya.



Honda yang paling siap dalam meramu motor listrik. PCX dan CR 250 dirtbike baru saja dirilis oleh Honda. Namun tak menutup kemungkinan jika dalam waktu dekat Kawasaki, Suzuki, maupun Yamaha akan berikan sumbangsih dengan menghadirkan kendaraan roda dua listrik.

Motor Listrik Pertama HondaMotor Listrik Pertama Honda Foto: Nadia Permatasari
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed