Honda Siapkan Motor Penantang Yamaha Niken

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 09 Apr 2019 08:44 WIB
Yamaha Niken saat mejeng di IMOS 2018. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sejak Yamaha meluncurkan Niken pada tahun 2017, banyak spekulasi yang muncul terhadap motor jenis roda tiga atau juga dikenal dengan trike ini. Piaggio sendiri adalah salah satu perusahaan pertama yang menyempurnakan konsep motor jenis ini di abad 21. Meskipun demikian tidak bisa diragukan bahwa Yamaha menjadi produsen pertama yang membangun kendaraan berperforma tinggi di atas platform motor roda tiga ini.

Tentu saja ketika salah satu dari nama besar produsen roda dua global muncul dengan sesuatu yang baru dan inovatif, tidak lama lagi pesaingnya akan ikut berkompetisi. Seperti yang jelas-jelas sedang dilakukan oleh Honda dengan menciptakan lawan dari Yamaha Niken.


Rideapart.com telah menemukan dua paten untuk motor seperti Niken, dan dipastikan itu adalah milik Honda yang akan membuat motor roda tiga berpenggerak hibrida mereka. Paten baru ini menunjukkan bahwa Honda benar-benar serius terhadap trike terlebih lagi menyangkut kehebatan trike dalam manuver miringnya.

"Badan kendaraan dapat mengayun secara horizontal (dapat menggelinding) dalam keadaan di mana roda kanan dan kiri 2 sama-sama menyentuh tanah," berdasarkan pernyataan Honda yang dilansir oleh Rideapart.

Hal yang sangat menarik tentang aplikasi ini adalah penggunaan mesin flat 6 seperti pada Honda Gold Wing. Namun, paten tersebut menggambarkan tata letak empat silinder yang disajikan dalam desain. Honda menawarkan beberapa kejelasan tentang ini, seperti yang dikatakan dalam aplikasi pengajuan patennya.


"Bagaimanapun, mungkin tipe dua silinder atau tipe enam silinder," lanjutnya.

Meskipun demikian, andaikata motor roda tiga Honda akan menggunakan mesin GL1800, trike itu kemungkinan akan menjadi yang paling kuat di pasaran. Alasannya mesin tersebut berkapasitas 1,000 cc, sedangkan Niken hanya menyediakan 847cc. Mesin Gold Wing saat ini mampu menyemburkan 125bhp sedangkan Niken memiliki 113bhp. (rip/dry)