Selasa, 19 Mar 2019 18:04 WIB

Ojek Online Hujan-hujanan, Tetap Pakai Sepatu Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Regulasi yang mengatur soal ojek online resmi dikeluarkan. Aturan ojek online tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Dalam peraturan itu, pemerintah turut memperhatikan keselamatan pengemudi ojek online. Driver ojek online harus memakai perlengkapan berkendara lengkap mulai dari helm, jaket, sepatu, sarung tangan, sampai celana panjang.



Praktis, melalui peraturan ini pengemudi ojek online tak boleh pakai sandal saat narik. Menurut Andry Berlianto instruktur safety riding RDL, saat hujan pun driver ojek online disarankan tetap pakai sepatu.

Andry mengatakan, perlengkapan-perlengkapan itu akan melindungi pengemudi ojek online jika terjadi kecelakaan. Gesekan badan dengan aspal akan diminimalisir oleh perlengkapan tersebut. Termasuk sepatu yang akan melindungi seluruh bagian kaki dari mata kaki ke bawah.

"Potensi kecelakaan cukup tinggi dimiliki oleh pengendara dimana kontak kita dengan aspal pertama kali akan bersentuhan dengan apparel atau safety gear tersebut (jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan)," kata Andry kepada detikcom Selasa (19/3/2019).



Andry menyoroti kebiasaan pengemudi ojek online maupun pemotor pada umumnya, yaitu kalau hujan selalu mengganti sepatunya dengan sandal. Menurutnya, kebiasaan itu tidak aman.

"Itu kebiasaan yang harus segera diubah. Karena kecelakaan atau luka pada tubuh tidak mengenal waktu dan tempat," kata Andry.

Agar saat hujan pengemudi ojek online tetap pakai sepatu, Andry menyarankan untuk menyiapkan sepatu cadangan. Atau, pengemudi ojek online juga bisa pakai sepatu yang didesain untuk hujan. Pilihan lain, pakai jas hujan khusus sepatu.

"Pilih desain (jas hujan) yang tidak membuat sepatu menjadi licin. Ini semua semata-mata demi keselamatan," kata Andry. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com