Senin, 04 Mar 2019 10:18 WIB

3 Pesan Rifat Sungkar kalau Motor Masuk Tol

Rizki Pratama - detikOto
Motor masuk tol di Malaysia Foto: Triono Wahyu S Motor masuk tol di Malaysia Foto: Triono Wahyu S
Jakarta - Wacana motor masuk tol di Indonesia masih terus menjadi perdebatan. Meskipun di Bali sudah memberikan fasilitas tersebut, di Jakarta sendiri yang memiliki banyak ruas jalan tol masih mempertimbangkan masalah ini.

Andaikata suatu saat nanti akan ada kebijakan atas legalitas motor masuk tol ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pereli Indonesia yang juga merupakan duta keselamatan detikOto Rifat Sungkar sendiri setuju motor masuk tol asal memenuhi beberapa kriteria demi keamanan dalam berkendara.

Hal pertama yang harus disiapkan untuk motor yang masuk tol adalah pemberlakuan jalur khusus seperti yang sudah diterapkan di Bali. "Jadi kalau mau motor masuk tol saya setuju seperti di Bali itu, di mana motor dan mobil jalurnya dipisah, jadi jangan dicampur sama mobil," ujar Rifat Sungkar saat ditemui di Polda Metro Jaya dalam rangkaian acara Millennial Road Safety Festival bersama Korps Lalu Lintas Polri, Minggu (3/3/2019).



Selanjutnya Rifat mengatakan perlu ada batasan kecepatan yang dipatuhi jika motor nantinya masuk tol. Kesadaran lalu lintas pada kecepatan tinggi haruslah dimiliki oleh pengendara motor yang ingin menggunakan jalur tol untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

"Tingkat risikonya itu akan lebih tinggi mengingat kesadaran lalu lintas di kecepatan tinggi. Menurut saya daerah di manapun dengan kecepatan tinggi itu kan pasti risikonya lebih bahaya," lanjut Rifat.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah budaya berkendara sepeda motor di Indonesia perlu diperbaiki. Menurut Rifat cara berkendara pengguna sepeda motor di Indonesia masih belum sebaik luar negeri yang sudah mengizinkan motor masuk jalur tol.

"Motor di luar negeri sudah boleh masuk tol, tapi masalahnya attitude berkendara mereka ketika masuk tol itu sudah tahu kewajibannya. jadi itu yang perlu diperhatikan, jalur sendiri, batas kecepatan, dan attitude berkendaranya," pungkas Rifat.



Simak juga video NGOBS KUY Spesial! Motor Masuk Tol Featuring detikOto:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed