Selasa, 19 Feb 2019 10:34 WIB

Pernah Lihat Perban di Knalpot Motor? Ini Fungsinya

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: youngchoppers
Jakarta - Exhaust wrap adalah salah satu aksesori yang dipasang di sepeda motor. Exhaust wrap alias pembungkus knalpot bisa ditemukan di motor-motor bergaya custom. Selain bisa menunjang tampilan jadi lebih bergaya klasik, ternyata exhaust wrap punya fungsi lain lho Otolovers.

Melansir dari situs revzilla.com, exhaust wrap berfungsi untuk menjaga suhu panas di leher knalpot agar tidak terbuang percuma. Karena panas tertahan di exhaust wrap, kinerja mesin diklaim bisa bekerja pada suhu idealnya.



Manfaat lain dari komponen yang mirip sebuah perban ini adalah untuk melindungi kaki pengendara dari panasnya leher knalpot. Seperti diketahui, biasanya pada motor-motor bergaya custom menggunakan jenis knalpot yang terekspos keluar.



Bahkan kadang ada yang memposisikan knalpot di motor custom amat dekat dengan paha pengendara. Dengan memakai exhaust wrap, maka panas yang keluar dari leher knalpot bisa sedikit diredam.

Namun demikian, penggunaan exhaust wrap di leher knalpot bukan berarti tanpa risiko. Sebab knalpot yang dibungkus, dalam jangka panjang dapat menyebabkan panas berlebih dan akan mempersingkat masa pakai knalpot. Bahkan, header knalpot bisa saja tiba-tiba pecah, jika exhaust wrap tidak pernah diganti.


Pernah Lihat Perban di Knalpot Motor? Ini Fungsinya
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com