Jumat, 25 Jan 2019 13:20 WIB

Ciri-ciri Tukang Tambal Ban Oknum Penebar Ranjau Paku

Luthfi Anshori - detikOto
Ranjau paku modelnya sudah aneh-aneh. Foto: Dok. Rokhim Komunitas Saber Ranjau Paku Ranjau paku modelnya sudah aneh-aneh. Foto: Dok. Rokhim Komunitas Saber Ranjau Paku
Jakarta - Ranjau paku merupakan salah satu tindak kriminal yang dilakukan oleh oknum tukang tambal ban. Modus kejahatannya, si pelaku akan menyebarkan sejumlah benda tajam di beberapa titik jalan.

"Memang tidak semua tukang tambal ban nakal. Jadi hanya oknum saja. Mungkin yang nakal itu pengen cari duit secara instan ya," ujar salah satu relawan Tim Saber Ranjau Paku Siswanto.

Menurut Siswanto, ada salah satu ciri tukang tambal ban yang patut diwaspadai sebagai pelaku penyebar ranjau paku. Salah satu cirinya adalah ada beberapa tukang tambal ban dengan jarak saling berdekatan.



"Contohnya kayak daerah sekitar Senayan itu. Ada lima tukang jasa tambal ban jaraknya dekat-dekatan. Jaraknya masing-masing cuma 10 meter. Itu berjejer dan masih muda-muda orangnya," terang Siswanto.

Menurut Siswanto para oknum penebar ranjau paku tidak pernah peduli bahwa tindakannya bisa membahayakan orang lain. "Dan kalau mereka cari duit dengan cara seperti itu, halal nggak duitnya itu," terang Siswanto.



Meski saat ini sudah cukup jarang ditemui sebaran ranjau paku, menurut Siswanto pada titik-titik lokasi tertentu, masih ada saja para oknum yang konsisten melancarkan aksinya.

"Untuk saat ini jalanan di depan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) ke arah ke Polda dan sekitar Pancoran itu nggak ada habis-habisnya ranjau paku sampai sekarang. Di Pondok Indah juga ada, paku model jari-jari dan paku model payung," pungkas Siswanto. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya