Kamis, 10 Jan 2019 18:25 WIB

Tangki Bensin di Bawah, Yamaha FreeGo Aman Lewati Polisi Tidur?

Luthfi Anshori - detikOto
Tangki Yamaha FreeGo persis di bawah kaki pengendara Foto: Grandyos Zafna Tangki Yamaha FreeGo persis di bawah kaki pengendara Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Dibanding skutik 125cc lainnya, Yamaha FreeGo memiliki desain tangki yang unik. Sebab penempatannya bukan di bawah jok persis, melainkan tepat di bawah pijakan kaki depan atau di bawah dek.

Dengan penempatan tangki bensin di bawah, lantas banyak yang bertanya bagaimana dari sisi keamanannya. Apakah tangki tersebut bisa aman dari berbagai benturan, termasuk ketika melewati polisi tidur.



"Di luar sana mungkin banyak yang tanya. Tangki (FreeGo) di bawah (dek) aman nggak sih. Jadi ini sangat aman. Tentunya ini sudah melakukan pengetesan. Jadi tidak perlu khawatir lah. Saat posisi riding, karena posisi tangki dekat ban depan, ketika naik polisi tidur maka otomatis bagian tangki itu juga naik," ucap Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, saat berkunjung ke redaksi detikcom, Kamis (10/1/2019).

Yamaha mengklaim kalau FreeGo memiliki ground clearance 135 mm mirip ground clearance Yamaha NMAX.

Anton juga menjelaskan jika tangki FreeGo yang punya kapasitas 4,2 liter itu dilindungi oleh pelat pelindung yang terbuat dari baja.



"Tangki FreeGo dilindungi oleh pelat baja. Dari cover bawah sampai ke pelat baja ada space (ruangan), jadi nggak langsung nempel," katanya lagi.

Bagaimana ketika melewati genangan air, apa tangki bensin yang di bawah dek tersebut aman? "Tentunya aman. Karena tangkinya maupun cover plastiknya kan memang tertutup rapat. Untuk motor, asal ketinggian air tidak melewati filter udara, pasti aman," pungkas Anton.

Insinyur Yamaha menurutnya sudah melakukan pengetesan tangki saat terkena air. Dan hasilnya aman-aman saja.

Tonton Video Yamaha Freego di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com